Profile
Hamil

Berbahayakah bila hasil tes TORCH IgG Rubella positif dan IgG CMV positif ?

Berbahayakah bila hasil tes TORCH IgG Rubella positif dan IgG CMV positif ?
Jakarta

Salam... Saya baru-baru mengalami keguguran saat usia kandungan saya 10w4d, dan dikuret. faktor penyebab kegugurannya ngga tau, tapi setelah keguguran sy disuruh periksa darah sama dokter untuk tes TORCH, hasilnya IgG Rubella positif 93 dan IgG CMV positif 44. Yang ingin saya tanyakan : 1. Apakah hasil tes IgG Rubella dan lgG CMV yang positif tersebut berbahaya? dan apakh akan berpengaruh bila nanti sy hamil lagi? 2. Kapan sy bisa program hamil lagi setelah mengalami keguguran (dikuret)? dari yg sy baca katanya harus menunggu sampai 3 bulan dan apakah harus memakai pengaman klo mlakukan hubungn dgn suami pasca kuguguran(dikuret) sebelum 3 bulan tersebut?

Answers

3 answers

  • dr. Janfrional dr. Janfrional Dokter Umum

    1. Apabila IgM nya negatif, maka cukup aman untuk hamil lagi walaupun IgG nya positif. Hal ini hanya menandakan bahwa sudah terbentuk kekebalan pada diri anda.

    2. Ya betul memang sebaiknya menunggu selama 3 bulan atau 3 siklus haid yang teratur. Selama itu memang dianjurkan untuk memakai kontrasepsi / pengaman.

    Terima kasih.

  • Berarti sy masih aman yaa tuk hamil lagi krn hasil lgM nya negatif, apakah virus tersebut yg menyebabkan sy keguguran? klo sy hamil lagi nanti apakah msih beresiko tinggi keguguran krn sdh mengalami keguguran sebelumnya? dan gimana tindakan pncegahan spy tdk keguguran lagi (jadi trauma).
    makasih atas jwabannya Dok...

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Tdk ada masalah dg lab tsb. Ibu sdh normal/sdh terbentuk antibodi. Bisa hamil

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Lidah adalah sumber informasi kesehatan yang kerap diabaikan. Padahal, dari lidah Anda bisa tahu kondisi kesehatan Anda. Cari Tahu Status Kesehatan Anda Melalui Lidah Lidah adalah sumber informasi kesehatan yang kerap diabaikan. Padahal, dari lidah Anda bisa tahu kondisi kesehatan Anda. Cari Tahu Status Kesehatan Anda Melalui Lidah