Berbahayakah Flek Setelah Berhubungan?
on 04 Dec 2012

Dear doktor,
Dok, ada yang mau saya tanyakan :
1. Ada yg menasihati suami untuk puasa 3 minggu tidak berhubungan untuk mendapatkan kualitas dan kuantitas yang baik pada perencanaan kehamilan? Benar dok?
2. Haid saya telah bersih 4 hari yang lalu namun setelah berhubungan tadi malam, muncul flek coklat dan lendir encer lumayan banyak berbau seperti keputihan biasa menjelang haid atau saat kelelahan. Hal ini kedua kali saya alami dari pertama kali peristiwa seperti ini saat awal bulan menikah (sekarang 5 bulan menikah). Dok, apakah flek tersebut wajar atau berbahaya?

Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan terimakasih kepada segenap doktor yang sedianya menjawab.. :)

Seseorang
Depok

2 Answers

Dokter
Jakarta

dear,

1. begini sperma akan memiliki jumlah yang lebih banyak memang kurang lebih 3-5 minggu namun demikian, kualitasnya juga harus diperhatikan dan tidak semata2 dari berpuasa. berolahraga3-5 kali perminggu minimal 15 menit, hindari fast food dan perbanyak sayuran dan buah. hindari merokok dan konsumsi alkohol akan meningkatkan kualitas dan kesehatan sperma.
2. flek terjadi bisa saja karena sisa perdarahan haida yang belum lama berlalu, ini wajar terjadi apalagi jika ada rangsangan yang membuat rahim berkontraksi, salah satunya berhubungan seksual. keputihan yang tidak berbau dan tidak berwarna tidak berbahaya selama anda menjaga selalu kebersihan daerah kewanitaan. saya sarankan untuk membersihkan daerah kewanitaan dengan cairan antiseptik 2 kali seminggu hingga keputihan bekurang atau hilang. jika keluhan berlanjut, segeralah periksakan diri ke dokter terdekat.


semoga membantu

Say Thanks
on 05 Dec 2012
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Surabaya

Menahan sperma terlalu lama jg tidak baik. Dlm usia pernikahan yg muda, mungkin frekwensi senggama yg ideal adalah 3x seminggu. Utk flek2 setelah hubungan sebaiknya diperiksakan ke dokter kandungan utk dievaluasi faktor cervix/mulut rahim

Say Thanks
on 05 Dec 2012
in partnership with