Profile
Kesehatan Seksual

Bercak darah saat berhubungan intim

Bercak darah saat berhubungan intim
Cengkareng, Jakarta Raya, Indonesia

Dok, saya ibu dr 2 anak 7th dan 4 th. sudah 2 x memakai KB suntik 3bln, sblumnya yg 1bl, masalahnya haid saya berlangsung lama sekitar 14 hari dan kdg masih terjadi flek. dan saat berhubungan intim keluar bercak darah walau dilakukan saat haid sudah selesai. Apakah KB yang saya pilih tidak cocok dok?

Answers

4 answers

  • Terkadang KB suntik dapat mengalami perdarahan atau spotting yang tidak teratur. Saran saya konsultasi ke dokter kandungan apakah perlu diganti metode KB-nya atau tidak.

    Terima kasih

  • apa bukan gejala kanker serviks dok? pada saat KB suntik 1bln, kadang juga terjadi hal yang sama, tapi saya tidak mengalami keputihan yg berlebih/ lendir yg berbau dok,

  • Untuk mengetahui sebaiknya periksa dan konsultasi ke dokter, karena untuk mengetahui apakah haid yang tidak teratur disebabkan dari KB suntiknya atau dari penyebab lain harus ada pemeriksaan lainnya.

    Terima kasih

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore,

    KB Suntik adalah salah satu metode Mencegah Kehamilan yang saat ini banyak digunakan di negara-negara berkembang. KB Suntik bekerja mengentalkan lendir rahim sehingga sulit untuk ditembus oleh sperma untuk pembuahan. Jenis Alat Kontrasepsi ini juga mencegah sel telur menempel ke dinding rahim sehingga proses kehamilan bisa dicegah.KB suntik merupakan Suatu metode dari kontrasepsi yang diberikan melalui suntikan. Ini merupakan metode yang mendapatkan peminat yang paling tinggi karena dianggap sebagai cara yang aman, lebih efektif, lebih simpel.


    Jenis Suntik KB dibagi menjadi jenis, yaitu:

    KB Suntik 3 Bulan,
    KB Suntik 1 Bulan

    kelebihan kb suntik adalah metode kontrasepsi hormonal efektif mencegah kehamilan hingga 99%. Memberikan kenyamanan kepada pasangan suami istri, karena dengan satu kali suntikan anda tidak perlu memikirkan kontrasepsi selama 1 sampai 3 bulan, sesuai dengan jenis Suntik KB yang anda pilih. Anda dan pasangan bisa lebih spontan dalam berhubungan intim tanpa harus khawatir menjadi hamil. Kehamilan bisa anda dapatkan kembali, setelah menghentikan penggunaan KB Suntik.

    pada beberapa kasus KB Suntik juga memberikan efek samping terutama pada awal pemakaian, yang diantaranya adalah:

    -Siklus haid menjadi tidak teratur berkepanjangan, atau bahkan anda tidak mengalami haid sama sekali, selama beberapa bulan pertama saat pemakaian atau berhenti melakukan KB suntik,
    -Beberapa ibu yang menggunakan metode KB suntik 3 bulan mengalami penambahan berat,
    -Ibu mengalami jerawat, sakit kepala, nyeri payudara, perubahan suasana hati, dan perut kembung,
    -Pada beberapa kasus, kesuburan wanita baru pulih setelah beberapa bulan menghentikan penggunaan KB suntik,
    -Penggunaan KB suntik 3 bulan memicu terjadinya osteoporosis.

    Kanker leher rahim merupakan kanker tersering yang ditemukan pada wanita, dengan angka kematian yang tertinggi. Kanker leher rahim adalah terjadinya perubahan struktur sel menjadi suatu keganasan di daerah mulut rahim (biasa disebut sebagai serviks). Semua wanita berisiko terkena kanker serviks. Kanker ini disebabkan oleh virus HPV dan biasanya ditularkan melalui hubungan seksual.

    Leher rahim berbentuk silindrik berukuran panjang 3 cm dan diameter 2,5 cm, merupakan alat yang sangat banyak mengalami perubahan terutama pada wanita yang sering melahirkan (multipara). Pada stadium dini, kanker leher rahim sering tidak menunjukkan gejala atau tanda-tanda yang khas, terkadang tidak ada gejala sama sekali, atau kadang-kadang keluar keputihan sampai pendarahan sesudah senggama.

    Pada stadium lanjut, kanker leher rahim sering memberikan gejala :
    - pendarahan sesudah senggama.
    - Keluar keputihan atau cairan encer dan vagina.
    - Pendarahan sesudah mati haid atau menopause.
    - Keluar cairan kekuning-kuningan berbau dan dapat bercampur dengan darah.

    Penyebab kanker leher rahim yang pasti hingga saat ini belum diketahui pasti, namun ada berbagai faktor resiko untuk terkena kanker leher rahim, yaitu:
    - mulai melakukan hubungan seks pada usia muda.
    - Sering berganti-ganti pasangan seks.
    - Sering menderita infeksi di daerah kelamin.
    - Melahirkan banyak anak.
    - Kebiasaan merokok.

    Pemeriksaan Pap Smear :
    Kanker leher rahim dimulai dari tahap yang disebut pra-kanker (pra=sebelum), yaitu adanya lesi atau kelainan pada perubahan-perubahan epitel leher rahim menuju keganasan.

    Pap Smear adalah pemeriksaan sitologi apusan serviks atau leher rahim. Dengan Pap Smear atau Pap Test ini, terutama bila dilakukan dengan teratur,

    berikut data data mengenai interpretasi hasil dan anjuran sebagai berikut:
    1. Negatif : artinya pada sediaan apus tidak ditemukan sel abnormal atau ganas. Anjuran pemeriksaan diulang 1 tahun lagi.
    2. Inkonklusif : sediaan tidak memuaskan. Hal ini bisa terjadi karena proses fiksasi kurang baik, tidak ditemukan sel endoserviks, radang sangat padat sehingga gambaran sel tidak jelas, terlalu banyak darah sehingga gambaran sel kabur.
    3. Displasia : Ditemukan sel-sel diskariotik dalam sediaan apus. Derajatnya : ringan, sedang dan keras sampai karsinoma in situ atau lesi pra-kanker.
    4. Positif : Didapatkan sel-sel ganas pada sediaan apus. Ajuran : diperlukan biopsi untuk memastikan diagnosis.

    Endoserviks adalah bagian dalam dari leher rahim. Terdapat sel kelenjar yang melapisi endoserviks, sel-sel kelenjar inilah yang dapat tumbuh menjadi sel kanker yang menjadi adenokarsinoma serviks. dari hasil ada mengatakan tidak ditemukan sel endoservicks jadi artinya tidak ditemukan sel kanker dalam rahim anda.

    untuk tambahan informasi berikut artikelnya :
    http://meetdoctor.com/topic/kanker-serviks
    http://meetdoctor.com/article/kemungkinan-pemulihan-dari-kanker-serviks
    http://meetdoctor.com/article/penyebab-kanker-serviks
    http://meetdoctor.com/article/mencegah-kanker-serviks

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Seksual ?
Ask Doctor
Vagina kering adalah kondisi yang dialami wanita sebelum dan sesudah menopause. Istilah lain kondisi ini adalah vaginal atrophy,… Susah Bercinta karena Vagina Kering? 7 Bentuk Payudara Wanita 7 Bentuk Payudara Wanita