Profile
Kesehatan Wanita

berhubungan intim saat hamil

berhubungan intim saat hamil
Bandung Dua, Jawa Barat, Indonesia

salam kenal dokter.. saya wanita berusia 24 tahun. saya sudah menikah & saat ini saya sedang mengandung anak pertama saya. usia kandungan saya menginjak 34 minggu. semenjak hamil saya jadi tidak begitu bergairah untuk melakukan hubungan suami istri. sekalipun melakukannya saya tidak menikmati. tapi ada yang bilang berhubungan suami istri saat hamil itu bagus & di haruskan apalagi saat usia kandungan sudah trisemester 3. karena air sperma sang ayah bs bikin anak pintar & membuat mulut rahim jd elastis. apa benar dok begitu??? apa resikonya jika tidak melakukan / jarang melakukan???? terima kasih dok.

Answers

1 answers

  • dr. Janfrional dr. Janfrional Dokter Umum

    Halo Selamat Pagi,

    Secara umum, hubungan seksual pada keadaan kehamilan normal adalah aman, kecuali bila kehamilan anda mengalami :

    - Pendarahan lewat vagina
    - Pecah ketuban
    - Plasenta letak rendah (plasenta previa)


    Gairah seksual seorang wanita hamil biasanya paling bagus saat trimester 2. Pada trimester 3 pun anda masih dapat melakukan hubungan intim, manun tidak ada keharusan untuk memaksakan diri anda untuk berhubungan intim pada kehamilan Trimester 3. Tidak terdapat bukti ilmiah yang menyatakan bahwa hal tersebut dapat membuat anak menjadi pintar atau mulut rahim menjadi elastis. Tidak ada pula risiko yang terjadi bila jarang melakukan hubungan intim.

    Demikian, semoga membantu. Terima Kasih.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Setiap ibu ingin bisa memberikan ASI eksklusif pada bayinya, namun seringkala hal ini terkendali produksi ASI yang sedikit. Ada cara untuk meningkatkan produk ASI Anda. Begini Caranya Meningkatkan Produksi ASI Multiple sclerosis adalah penyakit autoimun yang menyerang sistem sel-sel saraf yang berada di otak dan sumsum tulang belakang. Gejalanya antara lain fatigue, gangguan keseimbangan dan nyeri. Kenali Gejala Multiple Sclerosis