Profile
Alergi

bintik merah di tangan

bintik merah di tangan

saya memiliki bintik merah di tangan sebesar jarum,awalnya terlihat samar lama kelamaan terlihat jelas bercak darahnya,kalau di raba kulit yg terdapat bintik tsb terasa tebal.akhir-akhir ini terdapat bintik-bintik baru,penyakit apakah ini dok? akhir-akhir ini saya juga sering merasa seperti di tusuk-tusuk jarum,berlangsung singkat,di bagian tubuh yg berbeda,penyakit apa ini,apakah ada hubungannya degan bintik merah tsb,mohon penjelasannya dok. terimakasih....

Answers

6 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Halo, Vicha.

    Mengenai keluhan yang Anda sampaikan tersebut kurang khas. Bintik merah dapat berarti macam-macam. Umumnya memang merupakan 'perdarahan' pada pembuluh darah kecil di dekat permukaan kulit (kapile). Harus dilihat dan diperiksa dulu bintik merah tersebut, berapa besar ukurannya, apakah bila digeser dapat hilang. Apakah terdapat keluhan lain yang Anda derita?

    Saya sarankan untuk mengkonsultasikan keluhan Anda tersebut dengan dokter spesialis kulit.

    Demikian, semoga membantu!

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan hal tersebut, misalnya:
    - trauma atau tergores, memar
    - alergi
    - penyakit infeksi
    - obat-obatan tertentu
    - beberapa penyakit autoimun

    Karena itu, pentinng untuk dibedakan apakah memang bintik-bintik merah itu karena perdarahan (ekimosis, petechiae, purpura) atau hanya kemerahan saja (eritema) yang akan menghilang apabila ditekan, tetapi kembali lagi begitu tekanan dilepas.

  • Dok saya mau tanya kenapa kulit saya gatal - gatal pada saat malam hari, apa lagi pada subuh hari..?
    jika di garuk semakin besar bengkak bentolnya..
    obat apa yg harus saya minum?
    mohon bantuan nya

  • pak dokter apabila bintik merah tersebut digeser dia hilang dan setelah dilepas geseran nya dia muncul lagi, apakah bintik merah tsb tidak berbahaya? dan apakah ada obt untuk bintik merah tersebut, terima kasih pak..

  • Selamat sore, Richo Alparino.
    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Apakah selama ini mengalami alergi pada dingin, debu, atau alergi lain? Apakah sering mengalami bersin-bersin di pagi hari? Adakah riwayat keluarga dengan asma, alergi?
    Penyebab gatal dapat bermacam-macam, seperti penyakit kulit, kulit kering, reaksi alergi dan iritasi, dan sebagainya.

    Gatal-gatal yang dirasakan ada di bagian tubuh mana? Untuk mengurangi rasa gatal, sebaiknya diusap daripada digaruk. Kompres bagian yang gatal dengan kain flanel yang dibasahi air dingin. Potong kuku agar ketika menggaruk tidak terjadi luka dan komplikasi lebih jauh. Rasa gatal dapat dikurangi dengan obat antihistamin.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda :)

  • Selamat sore, Perjaka.
    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Pertanyaan Anda sudah dijawab sebelumnya ya.
    Terima kasih :)

Anda punya pertanyaan seputar Alergi ?
Ask Doctor
10 Aplikasi Ponsel Ini Membantu Anda Hidup Sehat 10 Aplikasi Ponsel Ini Membantu Anda Hidup Sehat Cegah Diabetes dengan Diet Karbohidrat Cegah Diabetes dengan Diet Karbohidrat