Profile
Eye & Vision Health

Bisakah melahirkan secara normal apabila mempunyai mata minus?

Bisakah melahirkan secara normal apabila mempunyai mata minus?
Denpasar, Bali, Indonesia

Kemarin saya melakukan pemeriksaan retina mata saya untuk persiapan persalinan secara normal.Untuk info saja minus mata saya (Ka:-3.25,Cyl -1.25 ; Ki:-3,Cyl -1.50) dan usia kandungan saya menginjak 8 bulan.Hasil pemeriksaannya syaraf retina saya agak tipis,sehingga disarankan untuk persalinan secara caesar.Kemudian saya diberi obat tetes Cendo Vitrolenta padahal saya tdk ada keluhan sakit pada mata saya.Pertanyaan saya : Manfaat obat tetes Cendo Vitrolenta itu apa? Apakah ada efek sampingnya dengan janin,kandungan maupun retina saya? Apakah saya benar" tidak bisa melahirkan secara normal? Apa akibatnya dengan mata saya apabila saya tetap memilih untuk melahirkan secara normal? Terima kasih sebelumnya dok...

Answers

3 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Ibu, selamat malam.

    Tentunya dokter yang menangani Anda telah membuat pertimbangan risiko kedepannya. Dari pemeriksaan, diketahui bahwa saraf retina agak tipis. Obat tetes ini dimaksudkan untuk penanganan kondisi retina ini. Yang ditakutkan bila melahirkan secara normal adalah suatu kondisi yang dinamakan ablatio retina, dimana lapisan retina lepas dan menyebabkan kebutaan. Karena pada saat persalinan, dibutuhkan tenaga yang besar untuk mengedan juga rasa nyeri yang besar sehingga dapat menyebabkan kenaikan tekanan pada bola mata.

  • Sore dok.
    Maksud dari penanganan kondisi retina mata saya seperti apa ya dok? Saya takut setelah memakai obat tsb, saraf retina nya malah menjadi lebih tipis. Atau ada efek samping lain dengan bagian mata saya,dok? Sampai sekarang saya masih belum berani untuk menggunakan Cendo Vitrolenta,dok.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,

    Mata minus disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya dikarenakan panjang bola mata yang lebih panjang dari ukuran normal (sekitar 24mm).

    Umumnya mereka yang mempunyai mata minus yang tinggi ( - 6 dan keatas ) mempunyai panjang bola mata yang lebih panjang dari ukuran normal ( > 24 mm). Akibat dari pemanjangan bola mata tersebut maka retina (bagian dari mata yang menjadi sensor penglihatan) akan tertarik sehingga dapat menimbulkan penipisan retina.

    Seorang dokter mata umumnya akan memeriksa seluruh area dari retina untuk mencari apakah ada daerah penipisan tersebut.

    Yang menjadi masalah adalah, pada penderita minus tinggi dengan penipisan retina mempunyai resiko terjadinya ablatio retina (copotnya retina) pada proses persalinan normal. Hal ini dikarenakan sewaktu mengedan terjadi peningkatan tekanan dalam bola mata yang dapat menarik daerah retina yang sudah menipis tersebut.

    Untuk mencegah terjadinya ablatio retina, biasanya akan dilakukan tindakan laser pada daerah penipisan retina tersebut agar proses penipisan dapat dihentikan dan area disekeliling retina yang sudah menipis diperkuat. Tentunya hal ini bisa dilakukan bila daerah penipisan retina tidak luas.

    Biasanya tindakan laser ini akan dilakukan oleh dokter mata subspesialis retina, yang dapat ibu temukan di pusat kesehatan mata, atau klinik khusus mata.

    Tetapi bila memang daerah penipisannya sudah luas, maka akan disarankan persalinan dengan cara bedah Cesar (Sectio Caesarea).

    terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor, semoga jawaban yang diberikan bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Eye & Vision Health ?
Ask Doctor
Hidrasi Kunci Pulihkan Flu Dengan Cepat Hidrasi Kunci Pulihkan Flu Dengan Cepat 6 Manfaat Ajaib Jahe 6 Manfaat Ajaib Jahe