Profile
Hamil

Bolehkah berhubungan intim?

Bolehkah berhubungan intim?
Tbn

begini,saya masih harap-harap cemas apakah saya sedang hamil atau tidak,karena masih telat haid 4 hari. jika memang ini nantinya mengarah ke positif hamil, bolehkah saya berhubungan intim dengan suami saat-saat ini? apakah spermanya nanti tidak mengganggu sel telur yang mungkin sekarang sudah mnjadi embrio?

Answers

1 answers

  • dr. Deffy Leksani dr. Deffy Leksani Dokter Umum

    Hallo, Selamat Siang.

    Sebagian wanita hamil mungkin merasa enggan berhubungan seks di masa kehamilan, terutama di trimester pertama saat sering merasa mual dan lelah. Suami Anda barangkali juga khawatir hubungan seksual akan membahayakan bayi dalam kandungan. Padahal, selama tidak ada masalah dalam kehamilan Anda, berhubungan seks tidak akan membawa dampak buruk bagi janin.

    Bayi Anda dilindungi cairan ketuban dan otot yang kokoh menopang rahim. Orgasme dengan atau tanpa senggama tidak akan menyebabkan bayi Anda lahir prematur. Namun hubungan seks dapat tetap berisiko menyebabkan gangguan pada janin, yaitu:

    - Kromosom yang tidak normal atau sejumlah kondisi lain dapat berpotensi menyebabkan keguguran.
    - Kontraksi uterus. Namun jenis kontraksi ini berbeda dengan yang Anda rasakan menjelang kelahiran bayi.

    Meski berhubungan seks saat hamil pada umumnya aman, namun ada beberapa kondisi saat ibu hamil sebaiknya menghindari aktivitas ini:
    - Mengalami pendarahan yang tidak terjelaskan.
    - Mengalami kebocoran air ketuban.
    - Punya riwayat persalinan prematur.
    - Leher rahim terbuka terlalu awal.
    - Mengalami placenta privea, yaitu saat plasenta melekat pada bagian bawah rahim sehingga menutupi bukaan leher rahim.

    Sebagai tambahan informasi untuk anda, dapat di buka link berikut ini : http://meetdoctor.com/article/posisi-seks-terbaik-saat-hamil

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Ini yang Perlu Anda Tahu Sebelum Tanam Benang Ini yang Perlu Anda Tahu Sebelum Tanam Benang 3 Cara Memertahankan Diet Sehat Anda 3 Cara Memertahankan Diet Sehat Anda