Bolehkah ibu hamil muda meminum madu?
on 06 Sep 2012

Selamat siang dokter,

Saya sedang hamil muda, usia kandungan saya 13 minggu, saat ini saya sering mual-mual dan bahkan sesekali muntah. Teman saya menyarankan saya meminum madu dicampur air hangat untuk mengatasi mual dan meningkatkan nafsu makan.
Pertanyaan saya, apakah boleh saya mengkonsumsi madu saat hamil muda ini? berapa banyak takaran yang bisa saya minum setiap harinya? jenis madu seperti apa yang baik untuk kandungan saya dokter?
Demikian pertanyaan dari saya.

Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih banyak.

Salam,
Seseorang di Bandung

Seseorang
Bandung

2 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Selamat pagi,

Tidak apa-apa bu, silakan ibu boleh minum madu jenis apa saja sesuai dengan pilihan ibu. 3-6 sendok makan madu sudah cukup untuk ibu konsumsi setiap harinya.

Gejala mual -muntah pada ibu hamil biasanya akan mulai berkurang saat usia kehamilan 16 minggu nanti. Untuk mengurangi gejala mual-muntah, hindari konsumsi makanan yang pedas,asam atau berlemak/bersantan.

Demikian, semoga membantu. Terima kasih.

Say Thanks
on 06 Sep 2012
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Surabaya

Boleh2 saja ibu konsumsi madu. Selama ibu jg suka. Pada dasarnya ibu tdk perlu bernafsu utk meningkatkan nafsu makan pada 3 bln pertama kehamilan, krn secara fisiologis memang ibu masih mual. Jadi ibu makan apa yg ibu suka. Penelitian mengkonsumsi jahe/Ginger bisa utk mengurangi mual, mungkin ibu bisa coba bila suka.

Say Thanks
on 06 Sep 2012
in partnership with