MEETDOCTOR

Diabetes

Buah kurma untuk penderita diabetes?

Buah kurma untuk penderita diabetes?
Seseorang
Jakarta

apakah penderita diabetes boleh mengkonsumsi buah kurma?karena dari rasa buah kurma sangat manis sekali

Answers

5 answers

  • Selamat malam,

    Boleh saja. Tetapi makan secukupnya saja.

  • Boleh saja. Pilihlah kurma buah karena mempunyai indeks glikemik yang lebih rendah dibanding kurma kering. Anda cukup mengkonsumsi ±3-5 buah sehari.

  • makasih dok atas penjelasannya


  • Terima kasih atas pertanyaan Anda,
    Pada diabetes, diet memiliki peran yg sangat penting baik pencegahan maupun penatalaksanaannya. Apapun tipe diabetesnya, prinsipnya tetap harus dilakukan pengecekan level gula darah untuk melihat bagaimana respon tubuh terhadap makanan yang Anda makan, karena level gula darah yang tinggi dan tidak diobati dengan baik dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, kerusakan saraf, dan kebutaan.
    Karbohidrat merupakan zat yang paling dapat menyebabkan lonjakan level gula darah, jadi jika Anda menderita diabetes, Anda harus membatasi konsumsi karbohidrat sehari-hari. Karena buah mengandung karbohidrat, buah harus dimasukkan ke dalam perhitungan konsumsi karbohidrat Anda, sehingga level gula darah dapat tetap berada di bawah 180 pada pemeriksaan 2 jam setelah makan.
    Buah-buahan yang dikeringkan (manisan/ dried fruit) boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes, namun mengingat dried fruit mungkin mengandung gula, lemak, dan karbohidrat, sebaiknya perhatikan jumlah yang dikonsumsi. Sebagai tambahan, dried fruit tidak mengandung serat sebanyak buah segar, sehingga tidak membantu Anda merasa kenyang. Karena menjaga berat badan juga penting untuk mengontrol diabetes, Anda tentunya ingin membatasi konsumsi dried fruit. Buah segar lebih rendah kalori, sehingga lebih baik. Namun jika Anda tetap ingin mengonsumsi dried fruit, kurma atau kismis merupakan pilihan terbaik, karena dicerna lebih lambat sehingga tidak mengakibatkan lonjakan level gula darah yang drastis.
    Sebanyak apakah kurma yang boleh dimakan? Satu-satunya cara ialah dengan mengukur level gula darah Anda secara teratur setelah mengonsumsinya.
    Semoga membantu.

    To: dokter.adhi@gmail.com
    Subject: MeetDoctor Question on Diabetes

  • dr. Hardianto Setiawan Ong, SpPD dr. Hardianto Setiawan Ong, SpPD Dokter Spesialis Penyakit Dalam

    Kurma termasuk buah yang cukup manis yang dapat meningkatkan gula darah, bagi pasien diabetes sebaiknya membatasi konsumsi buah tersebut. Dr Hardianto Siloam H KJ.

Anda punya pertanyaan seputar Diabetes ?
Ask Doctor

Popular Article

Banyak manfaat yang bisa didapat dari donor darah. Tak hanya dapat membantu menyelamatkan nyawa orang lain, juga bermanfaat pada kesehatan tubuh. Donor Darah dan Manfaatnya Hormon oksitosin memiliki efek beragam bagi tubuh, salah satunya mempertahankan berat tubuh ideal. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan produksi hormon oksitosin. Menurunkan Berat Badan dengan “Hormon Cinta”