Profile
Hamil

cara menghilangkan mual??

cara menghilangkan mual??

saia sedang hamil 2 bulan. dan mualnya sangat hebat sampai saia kadang gbsa makan. kadang setiap abis makan keluar lagi. rasanya sungguh g nyaman. bagaimana caranya menghilangkan mual yg berlebihan tanpa obat? mualnya terasa di uluhati. apa itu mual krna hamil atau mual krna maag? mohon penjelasannya dokter. terima kasih

Answers

7 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Memang keluhan yg seperti ibu rasakan sering pada ibu hamil di 3 bulan pertama. Masih normal Bu. Saran saya utk mengurangi keluhan tsb ibu bisa minum sirup Antasida misal Mylanta 1 sendok makan, maka gas dlm lambung ibu akan hilang.

    Bila tidak berhasil, maka sebaiknya diperiksakan ke dokter kandungan guna pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut.

    Minuman yang mengandung jahe juga memiliki khasiat guna mengurangi rasa mual tersebut.

    Terima kasih.

  • memangnya tidak apa-apa ya dok minum mylanta? obat maag?

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Obat tersebut aman digunakan dalam kehamilan. Namun sebaiknya tidak digunakan secara jangka panjang (lebih dari 3 minggu berturut-turut).

  • dr. Devid Flambo dr. Devid Flambo Dokter Umum

    Mual (nausea) dan muntah (emesis gravidarum) adalah gejala yang wajar dan sering kedapatan pada kehamilan trimester I. Perasaan mual ini disebabkan oleh karena meningkatnya kadar hormon estrogen dan HCG (Human Chorionic Gonadrotropin) dalam serum.
    Untuk mengurangi rasa mual ini ada beberapa tips:
    1. ibu harus mengerti bahwa kehamilan dan persalinan adalah suatu proses yang normal.
    2. makan dengan porsi kecil tetapi lebih sering.
    3. pada waktu bangun pagi jangan segera turun dari tempat tidur, erlebih dahulu makan roti kering atau biskuit dengan dengan teh hangat.
    4. makanan yang berminyak dan berbau lemak sebaiknya dihindarkan.
    5. Makanan seyogyanya disajikan dalam keadaan panas atau sangat dingin
    6. dianjurkan makanan yang banyak mengandung karbohidrat.

    Semoga bermanfaat..

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Memang hamil muda memberikan keluhan spt itu Bu. Sebenarnya mual sendiri adalah tanda bagus utk kehamilan tsb, apabila dari usg sdh dipastikan kehamilan tsb baik. Utk mengurangi mual ibu bisa konsumsi ginger/jahe, baik permen maupun minuman krn bisa mengurangi rasa mual

  • Selamat siang..
    Saya Feby dr Bandung
    Mau nanya, 1bln ini aku belum mens. Aku ga tau aku positif hamil apa engga. Yg jelas udh 2minggu ini saya mual2 hebat sampe makan keluar lagi. Aku mual stelah dokter kasih saya obat. Krna sbelumnya aku kena kelenjar getah bening di leher rahim. Aku mengeluarkan keputihan yg tidak sedap. Entah itu dr kelenjar atau bukan. Dokter kasih obat dr situ saya mual2. Pengen tau gmn caranya biar mual ini hilang. Krna ini sangat mengganggu. Makasih

  • Selamat malam Rizki Febiyanti

    Siklus menstruasi normal pada wanita rata-rata setiap 28 hari, meskipun ini dapat bervariasi. Di mana siklus yang terjadi setiap 24 hingga 35 hari masih dianggap sebagai siklus yang normal. Lamanya setiap periode menstruasi normalnya dua sampai tujuh hari.

    Berikut ini adalah beberapa penyebab keterlambatan haid:

    Kehamilan
    Ini adalah hal pertama yang kita curigai ketika wanita telat haid, cara mengetahui apakah ada kemungkinan hamil atau tidak sangatlah mudah, Anda dapat melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan tes kehamilan berupa tes pack yang banyak tersedia di pasaran.

    Stres
    Pada wanita yang stress atau memiliki beban pikiran yang berat, itu dapat mempengaruhi siklus menstruasi termasuk telat haid.

    Masalah Berat Badan
    Jika tiba-tiba Anda kehilangan banyak berat badan baik melalui diet ketat ataupun masalah lainnya seperti anoreksia nervosa, maka ini dapat membuat menstruasi tak teratur bisa telat haid, bisa juga menjadi lebih sering.

    Masalah Hormon Tiroid
    Gangguan pada kelenjar tiroid akan mempengaruhi siklus menstruasi. Kelenjar tiroid menghasilkan hormon dan triiodothyronine. Kelenjar tiroid menghasilkan hormon ini dalam jumlah yang tepat untuk fungsi tubuh yang tepat. Kurangnya hormon menyebabkan banyak masalah lain termasuk terlambat haid. Gejala seperti keterlambatan menstruasi, perubahan frekuensi dan aliran menstruasi dan tidak adanya menstruasi semua bisa karena masalah tiroid.

    Polycystic Ovarian Syndrome
    Hormon reproduksi yang tidak seimbang dapat menunda menstruasi salah satu penyebabnya adalah sindrom ovarium polikistik. Wanita dengan sindrom ovarium polikistik tidak melepaskan telur matang dari ovarium. Telur ini membentuk kista kecil di ovarium. Kondisi ini juga dapat menyebabkan kemandulan, tapi kabar baiknya penyakit ini dapat diobati.

    Kontrasepsi Hormonal
    Kontrasepsi hormonal seperti KB suntik, pil KB, dan susuk dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh. Penyebab telat haid tersering adalah KB Suntik 3 bulan atau yang mengandung Depo-Provera.

    Sebaiknya anda melakukan test pack untuk memastikan kehamilan anda. Bila hasil test pack negatif, sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut misalnya USG sehingga diketahui penyebab keluhan anda dan pengobatan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Salah Kaprah Pil KB yang Bisa Merugikan Salah Kaprah Pil KB yang Bisa Merugikan 6 Manfaat Ajaib Jahe 6 Manfaat Ajaib Jahe