Profile
Beauty & Skin Care

cara menghilangkan noda hitam bagian selangkangan dan ketiak

cara menghilangkan noda hitam bagian selangkangan dan ketiak
Indonesia

dok, bagian selangkangan dan bagian V sama terlihat hitam dan agak kasar dan ketiak saya juga hitam. gimana ya caranya agar putih & bersih? saya coba untuk luluran tapi hasil tetap sama saja

Answers

5 answers

  • Selamat pagi,
    Noda hitam yang Anda alami biasa disebut hiperpigmentasi post inflamasi (HPI) yang adalah kelainan pigmen yang didapat akibat terakumulasinya pigmen setelah terjadinya proses peradangan akut atau kronik.

    Untuk mencerahkan kulit di selangkangan anda, gunakan salep Hydroquinone 1,5 – 2% 2x sehari oleskan tipis-tipis pada area yang kehitaman. Jika terjadi kemerahan dan gatal segera stop pemakaian karena mgk anda mengalami alergi terhadap krim tersebut. Hasil akan terlihat setelah pemakaian 2-3 bulan.

    semoga membantu

  • selamat siang dokter kira2 cara menghilangkan bekas luka lama? apakah ada obatnya atau mohon arahan dari dokter.tks

  • Saat pakai salep Hydroquinone, boleh pakai deodorant ga dok?

  • klo boleh tau merk salep yang mengandung hydroquinone itu apa ya dok...?? terima kasih

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,

    Memang sangat tidak menyenangkan apabila memiliki bekas luka. Luka yang terbentuk di permukaan kulit ada banyak sekali jenisnya, semua itu tergantung dari penyebab munculnya luka tersebut. Misalnya saja luka bakar, luka terkena air panas, luka karena gatal-gatal, tersayat benda tajam, kecelakaan, infeksi, peradangan, dan bahkan luka setelah operasi.

    Sinar matahari pada bekas luka akan membuat bekas luka menggelap dan memperlambat pemulihan. Sinar ultraviolet pada matahari menstimulasi melanosit (pigmen penghasil sel) yang mengakibatkan berkurangnya warna kulit. Karena itu, sebelum keluar rumah, selalu kenakan tabir surya dengan SPF 30 atau SPF yang lebih tinggi yang mengandung zinc oxide. Kenakan ulang setalah berkeringat maupun berenang, atau setelah berada di bawah matahari selama lebih dari dua jam. Batasi waktu di bawah matahari, terutama pada jam 10.00-14.00, serta kenakan pakaian yang melindungi.

    Meskipun sebenarnya bekas luka bisa hilang dengan sendirinya, tapi beberapa orang mengaku terganggu akibat keberadaan bekas luka tersebut

    1. Suntik kolagen
    Mungkin kamu sudah sering mendengar suntik kolagen. Selain bermanfaat mengencangkan kulit dan membuatnya awet muda, suntik kolagen juga bisa memudarkan bekas luka. Cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi bekas luka yang menimbul, misalnya seperti keloid atau jaringan hipertropik. Prosedur ini biasanya bersifat sementara, sehingga diperlukan berulang kali untuk mempertahankan efeknya.

    2. Suntik kortikosteroid
    Mengatasi bekas luka akibat keloid atau hipertropi juga bisa dilakukan dengan suntik kortikosteroid. Beberapa suntikan kecil akan diberikan pada luka untuk meratakan bekas luka dan mencegah peradangan. Meskipun cara ini tidak mampu menghilangkan bekas luka secara keseluruhan, tapi kemungkinan bisa memperbaiki penampilanmu secara signifikan.

    3.Bedah plastik
    Jika bekas luka muncul di wajah akibat keloid, maka operasi bedah biasanya akan dikombinasikan dengan suntik kartikosteroid. Sedangkan untuk bekas luka hipertrofik, tidak akan dikombinasi dengan prosedur lain. Hanya saja, sadarilah bahwa memang bedah plastik cukup efektif untuk menghilangkan bekas luka lama, namun efeknya nanti akan menimbulkan terbentuknya bekas luka baru akibat pembedahan.

    4. Terapi Laser.
    Terapi ini menggunakan gelombang cahaya untuk merangsang pertumbuhan kolagen, elastin atau yang memproduksi melamin dalam kulit.

    5. Microdermabrasion.
    Pengobatan ini menggunakan kristal yang menembus ke kulit. Kristal lembut itu mengikis permukaan kulit. Microdermabrasion adalah terapi yang menghilangkan lapisan kulit paling atas untuk mendorong pertumbuhan kulit baru yang lebih elastik. Terapi ini merupakan pilihan untuk Anda yang guratannya sudah lama (warna putih atau keabu-abuan).

    6. Menyamarkan dengan kosmetik
    Cara lain menghilangkan bekas luka di wajah adalah dengan tata rias. Teknik penggunaan kosmetik untuk kepentingan satu ini cukup beragam, salah satunya bersifat tahan air, sehingga bisa bertahan selama 2-3 hari.

    7. Menggunakan krim atau gel
    Untuk menghilangkan bekas luka akibat goresan benda tajam, krim atau gel adalah pilihan yang tepat. Biasanya salep penghilang bekas luka yang dijual bebas mengandung campuran steroid, vitamin E, dan silikon.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda

Anda punya pertanyaan seputar Beauty & Skin Care ?
Ask Doctor
Amankah Minum Dari Gelas Yang Sama? Amankah Minum Dari Gelas Yang Sama? Terapi Alergi Kacang: Semakin Dini, Semakin Baik Terapi Alergi Kacang: Semakin Dini, Semakin Baik