Profile
Eye & Vision Health

cara mengobati pterigium?

cara mengobati pterigium?
Palembang, South Sumatra, Indonesia

dok, cara menghilangkan pterigium gimana ya dok? (mata seperti ditumbuhi daging). soalnya itu sangat menggangu penglihatan dok. tp selain dengan cara operasi dok. terima kasih.

Answers

3 answers

  • Selamat siang Rizkia,

    Pertumbuhan jaringan/ selaput berbentuk segitiga pada bagian mata yang berwarna putih dan dapat mengalam perkembangan progresif hingga menutupi kornea (bagian permukaan mata yang melapisi bagian tengah mata yang berwarna hitam). Kondisi ini umumnya dijumpai pada sudut mata bagian dalam dan diduga bahwa paparan sinar UV merupakan faktor risiko terjadinya pterigium.

    Secara klinis, pterygium mudah dikenali melalui temuan selaput/ lipatan berbentuk segitiga pada area konjungtiva dengan puncak segitiga yang mengarah ke kornea. Penderitanya umumnya tidak akan mengeluhkan keluhan yang berarti pada stadium awal (misal: mata kering, mata merah, dan silau/ fotofobia, mata terasa mengganjal, dan gatal) namun pada stadium yang lebih lanjut (yakni bila pertumbuhan selaput telah melewati kornea), maka sang penderita dapat mengeluhkan gangguan tajam penglihatan maupun penurunan lapang pandang akibat selaput yang menutupi tsb.

    Keluhan ringan pada pterygium umumnya dapat diatasi dengan menghindari paparan asap, angin, dan debu. Selain itu, penggunaan kacamata pelindung ultraviolet sangat dianjurkan untuk mencegah maupun menghambat progresivitas dari pterigium. Apabila diperlukan, dokter dapat meresepkan obat topikal mata yang berguna untuk meringankan keluhan. Operasi umumnya dianjurkan pada pterigium dengan pertumbuhan selaput yang telah mencapai kornea.

    Untuk informasi lebih lengkap, dapat Anda simak pada link berikut : http://meetdoctor.com/mobile/article/mitos-kesehatan-mata
    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

  • memang ini masih kecil dok, pernah konsul ke dokter mata. sudah diberikan obar tetes mata dan obat makan dok. tetapi belum ada reaksinya dok. malah semakin terasa membesar dan menyulitkan penglihatan, mata terasa kabur. adakah jalan lain dok?

  • Selamat pagi,

    Pterigium adalah cidera mata yang biasa terjadi pada orang yang banyak menghabiskan waktu di luar rumah. Karena ini banyak menyerang peselancar (surfer), kondisi ini disebut juga dengan istilah mata peselancar (surfer's eye). Pterygium bisa menyerang siapa saja, baik anak kecil maupun orang dewasa, yang tidak menggunakan sunglasses di luar rumah.

    Pterygium ditandai dengan munculnya selaput berwarna merah di bagian putih mata, umumnya di ujung dalam mata di dekat hidung. Pterygium biasanya tumbuh dengan perlahan dari ujung dalam mata di dekat hidung, ke arah tengah mata. Pada satu titik, pterygium akan berhenti bertumbuh. Tapi pada kasus yang parah, pterygium bisa tumbuh menutupi pupil hingga mengganggu penglihatan. Pterygium bisa berefek pada satu atau kedua mata. Ketika berefek pada kedua mata, namanya pterygium bilateral.

    Gejala pterigium adalah :
    - Rasa berpasir dan panas di mata.
    - Gatal.
    - Sensasi seperti ada benda asing di mata.
    - Penglihatan kabur

    Kebanyakan ahli percaya bahwa faktor risiko pterygium antara lain adalah; paparan berkepanjangan sinar ultraviolet, mata kering, iritasi debu dan angin.

    Untuk itu perlunya Anda menghindari faktor pencetus yang dapat membuat pterigium semakin melebar. Anda dapat mencegah pterygium dengan memakai sunglasses setiap hari, terutama saat di luar rumah. Pilih sunglasses yang menghalangi 99% -100% ultraviolet A (UVA) dan radiasi ultraviolet B (UVB). Kacamata juga dapat menghindarkan Anda dari paparan debu.

    Para ahli juga merekomendasikan Anda mengenakan topi lebar untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet. Untuk menjaga mata Anda tetap lembap dalam kondisi cuaca yang kering, Anda bisa mengaplikasikan air mata buatan.

    Untuk informasi lebih lengkap, dapat Anda simak pada link berikut :
    http://meetdoctor.com/mobile/article/mitos-kesehatan-mata

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.
    Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Eye & Vision Health ?
Ask Doctor
Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan masalah kesehatan. Ini yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Vitamin D Setiap usia mempunyai kepentingan dan prioritas berbeda agar tubuh tetap sehat. Pilihan Makanan Sehat Sesuai Umur Anda