x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
Dada sesak...
on 14 Mar 2013

dada sering sesak tiba-tiba dan mual

4 Answers

Dokter
Jakarta

Bisa anda jelaskan lebih rinci?
sudah berapa lama?
Mulai kapan sesaknya?
biasanya sesak muncul kapan saja?

Terima kasih

Say Thanks
on 14 Mar 2013

sudah kurang lebih 6 bulan yang lalu sejak saya tidak pernah aktif berolahraga lagi. biasanya sesak sering muncul tiba-tiba ketika sedang istirahat dan menjelang tidur

Say Thanks
on 14 Mar 2013
Dokter
Jakarta

Keluhan sesak nafas dapat disebabkan oleh adanya gangguan pada organ-organ saluran pernafasan dan jantung. Beberapa kelainan yang berhubungan dengan gangguan saluran nafas misalnya: kelainan yang terjadi pada salurannya (radang, sumbatan, ataupun penyempitan misal pada asma), kelainan pada dinding dada, maupun pada jaringan paru-paru. Keluhan sesak nafas dapat juga diakibatkan oleh adanya gangguan dari organ jantung. Dan beberapa studi juga menyebutkan adanya refluks asam lambung misalnya pada penyakit (GERD – Gastroesofageal refluks) dapat juga menyebabkan timbulnya keluhan sesak nafas. Ataupun faktor-faktor lain.

Apakah keluhan sesak nafas ini akibat kelainan saluran nafas, dinding dada, jaringan paru, kelainan jantung ataupun penyakit GERD tentunya gejala sesak nafas yang terjadi biasanya akan disertai dengan gejala-gejala yang spesifik yang berhubungan dengan organ yang terganggu, misal: jika kelainannya pada saluran nafas pada jaringan paru mungkin akan disertai dengan keluhan batuk, jika kelainannya akibat gangguan jantung mungkin ada keluhan-keluhan yang berhubungan dengan jantung misalnya adanya gangguan irama jantung, mungkin disertai dengan bengkak pada tungkai bawah, sesak nafas jika sedang beraktivitas, dsb.

Dan untuk menentukan dengan pasti apa penyebab keluhan sesak nafas, saya sarankan jika keluhan tersebut sudah dianggap sangat mengganggu ataupun mungkin sudah merupakan keluhan yang kronik untuk ke dokter agar dapat diperiksa lebih lanjut dan ditangani sesuai dengan penyebabnya.

Terima kasih

Say Thanks
on 14 Mar 2013

Terima Kasih

Say Thanks
on 14 Mar 2013
in partnership with