x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
darah yang keluar setelah keguguran?
on 06 Jun 2012

Dok, saya mengalami keguguran pada tgl 10 mei kemarin. kemudian selama 2 minggu saya mengeluarkan darah seperti darah orang yang melahirkan, hanya saja keluarnya sedikit-sedikit tidak banyak seperti darah haid. Dan setelah seminggu lebih, darahnya sudah tidak keluar lagi, saya fikir saya sudah bersih dan bisa berhubungan kembali. Kemudian saya kembali berhubungan dengan suami saya, akan tetapi keesokan harinya saya mengeluarkan darah lumayan banyak. Tolong jelaskan dok darah tersebut darah APA (Haid atau Darah sehabis keguguran yang masih keluar) dan KENAPA bisa keluar? Terima Kasih..

nb : Saya melakukan kuret setelah keguguran..

desi wulan
bekasi

6 Answers

Dokter
Jakarta

dear Desi,

saya ingin menanyakan dahulu kira-kira berapa usia kandungan anda dan kapan anda tepatnya melakukan kuret? apakah setelah kuret anda sudah di USG kembali?(untuk melihat sisa jaringan atau bagian janin yang mungkin masih terdapat dalam rahim).
begini mba Desi, setelah terjadi abortus atau keguguran, perdarahan yang keluar masih dapat dikatakan normal hingga 3 minggu sejak mulainya keguguran, tentu saja harus dilihat kembali seberapa banyak darah yang keluar, apakah hanya flek atau hingga memenuhi tampon/pembalut perharinya. jika lebih dari 3 minggu atau perdarahan makin banyak, sangat disarankan untuk memeriksakan keadaan anda pada dokter/dokter kandungan.
perdarahan yang berlanjut pada keguguran dapat disebabkan oleh beberapa sebab, terutama adanya sisa pembuahan yang belum sempurna keluar dari rahim dan kurang kuatnya kontraksi uterus untuk kembali seperti ukuran semula seperti sebelum hamil serta belum sempurnanya penutupan mulut rahim setelah keguguran.
keadaan uterus hingga kembali normal dapat memakan waktu hingga 10 minggu, jadi kemungkinan besar darah yang keluar setelah berhubungan bukanlah darah haid tapi darah sisa dari keguguran.
sangat disarankan setelah mengalami keguguran untuk tidak banyak berkontak dengan vagina, karena kemungkinan besar mulut rahim belum menutup.

salam,
dr Yunisa

Say Thanks
on 06 Jun 2012
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Surabaya

Saran saya ibu kontrol ke dokter kandungan ibu utk dievaluasi dg USG Transvaginal apakah ada sisa kehamilan atau kemungkinan lain misal: Chorio Carcinoma, yaitu sel sisa kehamilan yg tumbuh terus menyebabkan keganasan. Cuman ibu gak perlu takut, krn dg pengobatan yg baik dan rutin akan sembuh dan bisa hamil kembali. Sekali lg jangan ditunda periksanya Bu.

Say Thanks
on 06 Jun 2012
bekasi

dear Dr. Yunisa..
pada saat saya hamil 2bulan lebih dan tgl 10 mei saya mengalami keguguran, dan pada saat itu juga saya melakukan kuret..
setelah kuret saya belum USG kembali, hanya saja dokter memberikan obat, dengan waktu 1 minggu saya harus kontrol ke dokter lagi. pada saat kontrol, dokter ingin melakukan USG hanya saja tidak jadi karena saya masih mengeluarkan darah. kemudian dokter memberikan obat kembali (obat yg sama) dan menyuruh saya kontrol lagi selama seminggu. tapi karena sesuatu hal sayapun tidak kontrol..
dan sampai sekarangpun saya belum melakukan USG, bagaimana dok?

dear Dr. Didi
terima kasih atas sarannya..

Say Thanks
on 06 Jun 2012
Dokter
Jakarta

dear Desi,

seperti yang disarankan oleh dr. Didi, sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan diagnostik seperti USG serta berkonsultasi pada dokter kandungan anda. karena perdarahan yang berlanjut, harus dievaluasi penyebabnya.

salam,
dr Yunisa

Say Thanks
on 06 Jun 2012
bekasi

Dear Dr. Yunisa
Terima Kasih dok atas sarannya..

Say Thanks
on 06 Jun 2012
palangkaraya

dear dr. yunisa dan dr. Didi Dewanto, istri saya keguguran sebulan lalu trus dilakukan tindakan kuret, setelah sebulan istri saya haid.. pada saat sebelum haid istri saya mengalami sakit yang luar biasa dibagian kewanitaannya, setelah haid, darah yang keluar berwarna merah pekat (hitam) dan istri saya masih merasakan sakit yang luar biasa... setelah konsul ke dokter katanya mengalami kerusakan jaringan.. apakah istri saya mengalami kemandulan dok? apakah masih ada harapan untuk memperbaiki jaringan itu dok? mohon info nya....

Say Thanks
on 10 Oct 2012
in partnership with