Profile
Pengobatan Alternatif

Efek mengkonsumsi Batang Patrawali untuk kesehatan

Efek mengkonsumsi Batang Patrawali untuk kesehatan
Sukabumi

Selamat siang dok, sy ririn usia 22 tahun blm menikah, saya punya skoliosis, dan sy sudah melakukan terapi, namun hasilnya belum begitu membaik, tiba2 saya mendengar Ά̲̣ϑª cara pengobatan herbaL/ Alami, katanya kalo sy dilakukan terapi terus menerus hasilnya tidak akan membaik, disarankan untuk meminum hasil godokan dari batang patrawali sehari 3x, memang setelah sy konsumsi setiap harinya, keadaan sy terasa membaik dok, pegel, nyeri n sesak berkurang, nah yang ingin sy tanyakan, Ά̲̣ϑª salah seorang yang bilang sama sy, katanx kalo terlalu banyak meminum godokan Patrawali, akan sulit punya anak, karna air yg kita minum begitu pahit dan keras.. Apa benar dok, terlalu sering mengkonsumsi air godokan patrawali mengakibatkan peranakan kita mengecil, kering dan sulit mempunyai anak nantinya.. :( Trimakasih

Answers

3 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Hai, Ririn.

    Saran saya, Anda ke dokter spesialis tulang (ortoped).

    Mengenai batang patrawali, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan kebenaran atau keampuhannya dalam mengobati skoliosis. Juga mengenai pengaruhnya terhadap kandungan; belum ada penelitian mengenai hal itu. Saran saya, Anda selektif dalam melakukan terapi. Hindari pula terapi alternatif yang belum jelas betul apa pengaruhnya.

  • Baik dok terimakasih atas sarannx.. :)

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore,

    Skoliosis merupakan kelainan postur dimana sekilas mata penderita tidak mengeluh sakit atau yang lain, tetapi suatu saat dalam posisi yang dibutuhkan suatu kesiapan tubuh membawa beban tubuh misalnya berdiri, duduk dalam waktu yang lama, maka akan membuat kerja otot tidak akan pernah seimbang. Hal ini dikarenakan akibat suatu mekanisme proteksi dari otot – otot tulang belakang yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh justru berkerja berlebihan dikarenakan pada salah satu sisi otot yang tidak sempurna. Sehingga yang terjadi dalam waktu yang terus menerus adalah ketidakseimbangan

    Penanganan skoliosis dapat secara nonoperatif dan operatif. Tujuan penanganan tersebut untuk menghentikan progresivitas tulang dan membuat badan lebih seimbang.

    Cara nonoperatif berupa olahraga seperti renang, perenggangan, fisioterapi, dan olahraga punggung. Tujuannya untuk menguatkan otot punggung. Terapi ini untuk skoliosis dengan derajat kurva dibawah 20.

    Sedangkan untuk skoliosis dengan derajat 20-40 derajat, perlu menggunakan brace atau rangka.

    Untuk pembengkokan yang kurvanya lebih dari 40 derajat tidak dapat dilakukan tindakan nonoperatif. Untuk mengatasinya perlu tindakan operatif.

    Skoliosis pada umumnya tidak akan menimbulkan komplikasi yang berat terkecuali gangguan postur tulang belakang tsb telah mempengaruhi fungsi otot pernapasan. Pada skoliosis, gangguan kesejajaran tulang belakang akan mempengaruhi tarikan dan regangan pada otot di sekitarya sehingga seringkali dijumpai nyeri pinggang/ punggung. Keluhan inilah yang utamanya dirasakan mengganggu pada penderita skoliosis.

    untuk tambahan informasi berikut artikel tentang skoliosis :
    http://meetdoctor.com/topic/skoliosis-1
    http://meetdoctor.com/article/skoliosis-gejala-dan-terapinya
    http://meetdoctor.com/article/3-latihan-memperbaiki-skoliosis

    terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor, semoga jawaban yang diberikan bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Pengobatan Alternatif ?
Ask Doctor
Hidrasi Kunci Pulihkan Flu Dengan Cepat Hidrasi Kunci Pulihkan Flu Dengan Cepat Sulit Konsentrasi? Coba Cara Ini Sulit Konsentrasi? Coba Cara Ini