Efek Penggunaan KB suntik ??
on 09 Oct 2012

Selamat Siang dok, saya ririn mau bertanya, saudara saya usia sekitar 24 tahun sudah punya seorang anak menjelang 1 tahun, ia menggunakan KB suntik yang 3 Bulan setelah kelahiran anak pertamanya, sudah lamaaaaa menggunakan KB suntik itu, lalu mencoba untuk "berhenti menggunakan KB suntik", saat itu masuk bulan pertama-keempat belum menstruasi, yang saya tanyakan...
apa yang menyebabkan belum datang Bulan setelah berhentinya KB suntik, apa pengaruh dari KB suntik? lalu bagaimana proses suburnya menstruasi dapat kembali lagi, dan berapa lama waktu kembali proses masa subur..??

Rinz Riztiany
sukabumi

4 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Selamat siang,

Memang betul bu, rata-rata memang dibutuhkan waktu 3-6 bulan untuk memulihkan siklus haid sejak suntik KB 3 bulan yang terakhir kali.

Saya sarankan untuk dilihat dulu / tinggu hingga 6 bulan. Apabila haid belum juga datang, maka silakan periksakan ke dokter kandungan.

Terima kasih.

Say Thanks
on 09 Oct 2012
sukabumi

Trimakasih dok.. nanti sy sampaikan pada saudara saya.. :)

Say Thanks
on 09 Oct 2012
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Surabaya

Memang setelah KB suntik 3 bln an tidak langsung mendapatkan haid, karena obat yg dipakai berupa Depo MPA sehingga sisa2 obat masih menumpuk di dalam tubuh. Setelah nanti dapat mens ( ada yg sampai 3 bln kemudian) maka ibu mulai fase siklus subur.

Say Thanks
on 09 Oct 2012
sukabumi

Trimakasih dok atas infonx.. :)

Say Thanks
on 10 Oct 2012
in partnership with