MEETDOCTOR

Female Health

efek samping dari tissue pembersih?

efek samping dari tissue pembersih?
Seseorang
Indonesia

Selamat pagi dok.. adakah efek samping dari membersihkan vagina dengan tissue setiap kali buang air besar/kecil? apakah jika vagina tidak di lap/dibersihkan akan menimbulkan kuman/bakteri.. terima kasih dok..

Answers

2 answers

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

    Boleh" saja Bu memakai tissue pembersih asal tdk mengandung zat yg iritatif. Kalau ibu yakin dg kebersihan air, cukup bilas dg air bersih, kemudian keringkan dg handuk atau tissue kering.

  • Selamat pagi,

    Ya. Apabila tidak dibersihkan dengan betul, maka risiko infeksi organ kewanitaan atau saluran kemih akan menjadi lebih besar.
    Yang sering terjadi adalah kesalahan gerakan saat membersihkan daerah tersebut setelah BAK/BAB.

    Untuk BAB, gerakan membersihkan dengan yang benar adalah dari arah depan ke belakang, dan gunakan bagian dari tissue yang bersih setiap kali melakukan gerakan membersihkan. Gerakan membersihkan yang salah ( dari arah belakang ke depan / menggunakan bagian dari tissue yang kotor/ bagian tisue yang sama berulang-ulang) akan menyebabkan kuman di daerah anus berpindah ke vagina atau lubang saluran kemih. Hal ini dapat menyebabkan kemungkinan terjadinya infeksi vagina atau infeksi saluran kemih.

    Untuk BAK, cukup diusap secukupnya saja, karena pada keadaan normal/sehat maka air seni yang kita hasilkan adalah steril (tidak mengandung kuman) sehingga tidak menyebabkan risiko terjadinya infeksi.

    Demikian, semoga membantu. Terima kasih.

Anda punya pertanyaan seputar Female Health ?
Ask Doctor
Umumnya kanker ovarium terjadi karena faktor keturunan. Kenali gejalanya dan terapi penyembuhannya. Kanker Ovarium, Ini Terapi Penyembuhannya Keguguran biasanya terjadi sebelum janin berusia 20 minggu. Tak jarang, ini terjadi ketika calon ibu belum mengetahui dirinya hamil. Berikut gejala dan penyebab keguguran. Keguguran, Kenali Penyebabnya