Profile
Health A-Z

efek samping penggunaan IUD

efek samping penggunaan IUD
Jakarta

Selamat pagi dok, saya м̤̈áů tanya Beberapa hari ini saya BAK agak bau, ada keputihan sedikit. Saya melahirkan bulan januari dan memakai IUD bulan maret, bulan juni saya mens tp bulan juli tdk mens. Apakah itu efek samping dr penggunaan IUD? Terima kasih

Answers

1 answers

  • Selamat siang Ibu Dwi

    KB Spiral atau IUD (intra uterine device) adalah perangkat plastik berbentuk T kecil yang dimasukkan ke dalam rahim untuk mencegah kehamilan.

    Alat KB spiral atau IUD ada dua macam, yaitu:
    1. IUD Tembaga (Cu, Copper).
    Jenis IUD yang paling banyak digunakan. IUD tembaga ini bisa digunakan hingga 10 tahun dan merupakan salah satu jenis kontrasepsi yang sangat efektif.
    2. IUD hormonal.
    Hormon yang terkandung adalah jenis progestin, levonorgestrel. IUD hormonal tampaknya sedikit lebih efektif dalam mencegah kehamilan daripada IUD tembaga. Durasi penggunaan 3-5 tahun.

    Efek Samping KB Spiral atau IUD
    1. Rasa Nyeri
    Sebagian wanita akan mengalami nyeri punggung dan kram seperti nyeri haid yang terjadi dalam beberapa jam setelah pemasangan spiral.
    2. Gangguan Mentruasi
    IUD tembaga dapat meningkatkan pendarahan menstruasi atau nyeri haid (dismenore). Perempuan juga bisa mengalami bercak (ngeflek) antara periode menstruasi. Sedangkan IUD hormonal dapat mengurangi masalah ini.
    3. Perforasi Uterus
    Perforasi artinya jebol atau bocor, Terjadi pada 1 dari 1.000 wanita, IUD terjebak di dalam atau menusuk rahim sehingga terjadi perforasi pada rahim. Meskipun hal ini jarang terjadi, tapi hampir selalu terjadi selama proses pemasangan. Jika efek KB spiral ini terjadi, maka spiral harus segera dilepas
    4. Spiral Lepas
    Sekitar 2 – 10 dari 100 IUD terlepas sendiri dan keluar melalui jalan lahir. Hal ini biasanya terjadi dalam beberapa bulan pertama penggunaan. Terlepasnya spiral itu lebih mungkin ketika dipasang tepat setelah melahirkan, atau keluar ketika seorang wanita sedang menstruasi. Lepasnya spiral ini harus diketahui, karena apabila telah terlepas maka tidak ada lagi perlindungan dalam mencegah kehamilan.
    5. Radang Panggul
    Efek samping KB spiral yang satu ini tidak selalu muncul. Risiko akan meningkat apabila pemasangan yang kurang memperhatikan higienitas (alat-alat yang steril).

    Gejala yang ibu sampaikan memang merupakan efek samping dari IUD yang ibu gunakan, sebaiknya ibu berkonsultasi ke dokter spesialis obstetri dan ginekologi untuk pemilihan jenis kontrasepsi yang paling sesuai dengan kondisi ibu.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Health A-Z ?
Ask Doctor
Fakta! Tidur Berdua Lebih Sehat daripada Sendiri Fakta! Tidur Berdua Lebih Sehat daripada Sendiri Alasan Mengapa Anda Harus Bersahabat Dengan Telur Alasan Mengapa Anda Harus Bersahabat Dengan Telur