Profile
Kanker Usus Besar

Feses berdarah

Feses berdarah

Saya memiliki permasalahan ketika BAB dalam 2 hari ini (kondisi feses normal), ketika hendak menyelesaikan BAB, terdapat darah yang keluar, jumlahnya sekitar 3-5 tetes, hari 1: siang mengeluarkan darah, malamnya tidak, hari 2: siang tidak mengeluarkan darah, malamnya ya 1. Apakah indikasi dari hal tersebut ya dok? 2. Jika saya hendak melakukan chek-up, baiknya saya bertemu dokter spesialis apa ya? 3.Posisi saya di jogja, baiknya rumah sakit sebagai rujukan? dan bila saya harus ke jakarta, baiknya kemana ya dok? terimakasih

Answers

5 answers

  • Tambahan dok,
    1. Saya tidak merasakan sakit apapun diperut ataupun ketika BAB, sebelum di hari pertama BAB yang mengeluarkan darah, beberapa jam sebelumnya saya manahan BAB dan beberapa hari sebelum kekejadian saya banyak mengkonsumsi junk-food juga
    2. Warna darah, merah cerah dan tidak berbau


    terimakasih sekali lagi

  • dear,

    darah yang menetes segar pada BAB pada 80% orang dewasa bisanya adalah wasir atau adanya perlukaan pada anus. kemungkinan lainnya adanya infeksi, divertikel, ulkus.
    dari riwayat anda, kemungkinan besar adalah kasus hemmoroid atau wasir.
    wasir umumnya tidak menimbulkan gejala pencernaan, sebagian besar disebabkan karena BAB sering keras/sering diare, sehingga merangsang pelebaran vena, atau sering mengangkat barang berat, batuk kronis, duduk lama.
    untuk menegakkan diagnosis ini, memang diperlukan pengecekan dan pemeriksaan fisik, dokter umum pun dapat anda kunjungi, atau dokter spesialis bedah (dalam hal ini spesialisasinya), dan saya tidak menunjuk satu dokter atau rumah sakit tertentu untuk ini. di Jakarta pun sama.

  • Sebaiknya saya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu atau saya membeli obat wasir langsung saja di apotek ya dok?

  • Halo...
    1. Indikasinya sepertinya wasir, hemorroid juga ada 2 tipe yg internal atau external.
    2. sebaiknya ke dokter penyakit dalam spesialis Gastro sebelum ke apotik, karena masalah pencernaan salah obat bisa fatal akibatnya
    3. Coba ke RS.Abdi Waluyo di Jakarta dengan dokter Paulus Simadibrata atau Marcellus Simadibrata

    semoga lekas sembuh

  • Selamat siang,

    Perdarahan dari anus dengan warna merah segar dinamakan hematochezia. Penyebab dari hematochezia ini adalah berasal dari saluran cerna bagian bawah.

    Dua penyakit yang menjadi penyebab utama buang air besar disertai darah adalah
    1. wasir (ambeien/hemoroid) dan fissura ani. Wasir adalah pembesaran pembuluh darah vena yang menjadi rapuh pada daerah rektum (sisi dalam dari anus) sehingga mudah berdarah. Buang air besar berdarah dapat disertai rasa sakit ataupun tidak, biasanya darah sampai menetes setelah tinja keluar.
    2. Fissura Ani adalah robekan pada lapisan anus bagian dalam sehingga ketika feses keluar darah ikut keluar. Biasanya disertai rasa sakit atau panas ketika buang air besar. Kedua penyebab di atas menyebabkan darah yang keluar berwarna merah segar.

    Penyebab Buang Air besar berdarah lainnya yang lebih jarang antara lain: kanker usus besar, polip usus, kolitis, dan diverticulosis.

    Pengobatan yang tepat tergantung dari penyebab yang mendasari. Pada pasien dengan keluhan berak darah perlu diketahui volume perdarahan, darah bercampur dengan tinja atau menetes setelah bab, berapa kali mengalami perdarahan ,riwayat penyakit terdahulu,apakah pasien menderita tukak peptik,penyakit hati kronik, kelainan saluran cerna bawah (hemorroid,kolitis, kanker), riwayat penyakit sekarang.

    Untuk memastikan penyebab BAB berdarah Anda sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter. Dokter akan melakukan wawancara, pemeriksaan fisik dengan rectal touche, dan pemeriksaan penunjang bila diperlukan.

    Berikut tips untuk membantu mengurangi keluhan Anda :
    - Banyak minum air putih minimal 2 liter perhari
    - Perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah
    - Makan makanan berserat seperti gandum, beras merah, kacang-kacangan
    - Jangan menahan BAB
    - Hindari mengedan / mengejan saat BAB
    - Olahraga teratur

    Untuk tambahan informasi, dapat anda buka link berikut ini :
    http://meetdoctor.com/mobile/topic/ambeien-wasir
    http://meetdoctor.com/mobile/article/mengatasi-ambeien-tanpa-operasi

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor
    Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Anda punya pertanyaan seputar Kanker Usus Besar ?
Ask Doctor

Popular Article

Terapi Alergi Kacang: Semakin Dini, Semakin Baik Terapi Alergi Kacang: Semakin Dini, Semakin Baik Pro dan Kontra Bekam Pro dan Kontra Bekam