Profile
Hamil

Fungsi Obat ferospat dan Metformin

Fungsi Obat ferospat dan Metformin
Medan

slamat siang dok,,saya wanita 24 tahun,, dgn brat bdan 72 Kg,, Tinggi 162 Cm,, dan baru menikah bulan Oktober 2012.. Bulan Januari 2013 kmren saya terlambat haid 3 Minggu tetapi ketika di test pake testpack hasilnya negatif,, maka saya pergi ke dokter dan di usg,, menurut hasil usgnya saya memiliki pcos ukurannya 37 mm,, dan dokter tersebut memberikan saya obat ferosfat dan metformin untuk dikonsumsi setiap hari. Pertanyaan saya dokter,,sebenarnya fungsi dari kedua obat tersebut apa?? dan apakah tidak berbahaya klo dikonsumsi setiap hari?? dan kemungkinan saya hamil masihkah ada dok?? Mohon bantuan dan penjelasannya ya dokter..

Answers

3 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Tidak berbahaya. Diharapkan kista dapat hilang dengan kedua obat tersebut. Masih ada, kurangi berat badan karena berat badan terolong berlebih, itu salah satupencetus ketidakseimbangan hormon penyebab PCOS.

  • dr. Alan Goni,, Thanks buat penjelasannya dok,,tp apakah pcos dgn ukuran sprt itu berbahaya dokter??

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat pagi,

    PCO (polycystic ovary) adalah suatu keadaan di mana satu indung telur mengandung 12 folikel atau lebih.Hingga kini belum ditemukan penyebab pasti PCOS, sehingga belum ada juga tindakan preventif yang bisa disosialisasikan

    Gejala yang paling terlihat adalah perubahan siklus pada menstruasi. Hal ini disebabkan karena terjadinya ketidakseimbangan hormonal yang berpengaruh pada proses ovulasi. Biasanya, ada siklus yang terlewatkan (hilang) dan disertai dengan riwayat satu atau lebih siklus menstruasi yang normal selama masa pubertas (amonerea sekunder).

    Gejalanya dapat juga berupa siklus menstruasi yang tidak teratur, bisa lebih sering atau lebih jarang dan bervariasi, dari yang sedikit hingga sangat banyak.

    Biasanya penanganan pertama terhadap pasien dengan risiko PCO adalah dengan melakukan pemeriksaaan hormon. Pada kasus PCO, akan di cek beberapa kadar hormon dalam tubuh pasien seperti, kadar estrogen, FSH, LH, testoteron (hormon pada laki-laki), dan 17 kortikosteroid.

    terapi PCO

    Mengubah gaya hidup. Penderita PCOS yang obesitas, bisa mulai untuk menurunkan berat badan. Lalu penderita PCOS perokok disarankan untuk berhenti, sebab wanita perokok punya kadar hormon androgen lebih tinggi dibanding wanita non-perokok.
    Pembedahan. Pembedahan kecil yang disebut Laparoscopic ovarian drilling, yaitu tindakan meminimalkan jumlah folikel menggunakan jarum panas pada operasi laparoskopi. Ovarian Wedge Resection, yaitu tindak pembedahan untuk mengambil sebagian jaringan dari indung telur.

    Terapi hormon bisa dilakukan bagi penderita PCOS yang tidak ingin merencanakan kehamilan. Terapi ini bisa menormalkan siklus menstruasi, mencegah kanker uterus, pertumbuhan rambut yang berlebihan, munculnya jerawat, dan rontoknya rambut kepala.

    Wanita yang mengalami PCO dapat tetap hamil dengan penanganan medis dan bedah yang baik. Biasanya, pasien PCO akan diminta untuk menurunkan berat badan. Memang cenderung sulit, namun sangat bermanfaat dalam mengatasi diabetes, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

    Cara pengobattan PCOS dapat anda baca di link berikut ini :

    http://meetdoctor.com/article/memahami-pcos

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
10 Aplikasi Ponsel Ini Membantu Anda Hidup Sehat 10 Aplikasi Ponsel Ini Membantu Anda Hidup Sehat Cegah Diabetes dengan Diet Karbohidrat Cegah Diabetes dengan Diet Karbohidrat