x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
fungsi obat lutenyl
on 22 Dec 2012

Dok,usia saya 34 th saya ingin bertanya tentang obat lutenyl,sy mendpt obat tsb setelah periksa ke dokter kandungan,di krnakan haid saya yg panjang dan banyak bisa sampai 15hran lebih,nah setelah di periksa dokter memberi obat tsb untuk 15hr dengan konsumsi nya 2x sehari,namun setelah minum obat tsb haid saya knp tdk berhenti?setelah 15rh?malah langsung haid lagi jadi sepertinya panjang sekali,apakah ada yg salah dok dg sy meminum obt tsb?bagaimana bila sy berhenti dulu meminum obt tsb?mohon jawaban dokter,saya tunggu....terimasasih dok

Seseorang
Purwokerto

2 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Selamat pagi,

Sebaiknya ibu kembali kontrol ke dokter kandungan ibu untuk dilakukan pemeriksaan profil hormon.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan gangguan haid semacam itu. Salah satu faktor yang memang sering terjadi adalah adanya gangguan / ketidak seimbangan hormon.

Pada kondisi seperti ini biasanya diobati dengan obat-obatan hormonal guna melancarkan siklus haidnya (Lutenyl termasuk golongan obat ini) . Idealnya, harus diperiksa terlebih dahulu kadar hormon FSH, LH, Prolactin, TSH dan Estradiol di laboratorium, agar dapat diketahui jenis obat yang cocok dan dosis yang tepat. Untuk itu saya anjurkan agar anda memeriksakan ke dokter kebidanan dan kandungan (Sp.OG) guna memperoleh pengobatan dan pemeriksaan hormon sebelum diobati, agar pengobatan yang diberikan tepat dan benar.

Pastikan pula berat badan anda ideal dan cukup waktu istirahat serta rutin berolah-raga. Ketiga faktor ini sangat menunjang kelancaran dan keteraturan siklus menstruasi.

Terima kasih

Say Thanks
on 23 Dec 2012
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Surabaya

Menurut saya Lutenyl termasuk golongan progesteron kuat, biasanya dg dosis 1x sehari sdh cukup selama 10 hari. Knp anda mens? Krn dosis cukup kuat dan pemberian agak lama, shg sdh terjadi penipisan endometrium, akibatnya sdh tjd withdrawal bleeding. Saran saya, saat mens lg begini sebaiknya kalo ibu tdk ada rencana hamil dan sdh mempunyai anak, maka memakai IUD yg ada progesterone nya (MIRENA) adalah sangat bagus. Memang agak mahal IUD tsb tetapi sangat bermanfaat utk kontrasepsi dan mencegah pendarahan

Say Thanks
on 23 Dec 2012
in partnership with