MEETDOCTOR

Allergy

Gatal-gatal, bintik-bintik, merah

Gatal-gatal, bintik-bintik, merah
Anggun Sasmithatha
Kediri, East Java

Dok, saya mengalami gatal-gatal... Ciri-cirinya sebagai berikut: Bintik-bintik merah, terasa sangat gatal, awalnya pada bawah ketiak-tapi sekarang menyebar ke kaki,perut,punggung Penyebabnya: Se-ingat saya, waktu saya pulang kerja dengan badan berkeringat, saya tidak mandi tapi langsung tidur karna terlalu lelah... Atau mungkin saya salah makan, karena saya sering makan di luar... Mohon solusinya dok... Sudah 2 minggu ini belum sembuh... Saya tidak sempat k dokter karna biaya.... Mungkin dokter bisa kasih solusi, langkah apa yang harus saya laksanakan?? Dan obat apa yang harus saya beli di apotek???

Answers

1 answers

  • Halo Selamat Pagi Sdri. Anggun

    Kemungkinan besar apa yang anda alami adalah milaria rubra (sejenis biang keringat). Namun demikian, untuk memastikan diagnosis ini dokter tetap harus melakukan pemeriksaan (melihat) secara langsung pada pasien.

    Hal yang dapat anda lakukan saat ini adalah dengan cara lebih sering mengganti pakaian, dan mengurangi aktivitas yang dapat memicu keringat berlebih, sebelum penyakit ini betul-betul sembuh.

    Pengobatan yang utama bagi penyakit ini adalah biasanya dengan cara therapi antibiotik, dan bisa anda dapatkan setelah diperiksa oleh dokter. Untuk mengurangi rasa gatal yang anda alami anda dapat memakai/ membeli salep yang mengandung Calamine ( contoh merk dagang : Confortin ), dipakai 1-3 kali sehari pada bagian yang gatal.

    Demikian, semoga membantu. Terima Kasih.

Anda punya pertanyaan seputar Allergy ?
Ask Doctor

Popular Article

Antibiotik bukanlah obat sakti yang bisa mnyembuhkan berbagai penyakit. Salah penggunaan, justru bisa menyebabkan bakteri resisten pada antibiotik. Antibiotik, Awas Resistensi Keguguran biasanya terjadi sebelum janin berusia 20 minggu. Tak jarang, ini terjadi ketika calon ibu belum mengetahui dirinya hamil. Berikut gejala dan penyebab keguguran. Keguguran, Kenali Penyebabnya