Profile
Alergi

Gatal-gatal, bintik-bintik, merah

Gatal-gatal, bintik-bintik, merah
Kediri, East Java

Dok, saya mengalami gatal-gatal... Ciri-cirinya sebagai berikut: Bintik-bintik merah, terasa sangat gatal, awalnya pada bawah ketiak-tapi sekarang menyebar ke kaki,perut,punggung Penyebabnya: Se-ingat saya, waktu saya pulang kerja dengan badan berkeringat, saya tidak mandi tapi langsung tidur karna terlalu lelah... Atau mungkin saya salah makan, karena saya sering makan di luar... Mohon solusinya dok... Sudah 2 minggu ini belum sembuh... Saya tidak sempat k dokter karna biaya.... Mungkin dokter bisa kasih solusi, langkah apa yang harus saya laksanakan?? Dan obat apa yang harus saya beli di apotek???

Answers

5 answers

  • dr. Janfrional dr. Janfrional Dokter Umum

    Halo Selamat Pagi Sdri. Anggun

    Kemungkinan besar apa yang anda alami adalah milaria rubra (sejenis biang keringat). Namun demikian, untuk memastikan diagnosis ini dokter tetap harus melakukan pemeriksaan (melihat) secara langsung pada pasien.

    Hal yang dapat anda lakukan saat ini adalah dengan cara lebih sering mengganti pakaian, dan mengurangi aktivitas yang dapat memicu keringat berlebih, sebelum penyakit ini betul-betul sembuh.

    Pengobatan yang utama bagi penyakit ini adalah biasanya dengan cara therapi antibiotik, dan bisa anda dapatkan setelah diperiksa oleh dokter. Untuk mengurangi rasa gatal yang anda alami anda dapat memakai/ membeli salep yang mengandung Calamine ( contoh merk dagang : Confortin ), dipakai 1-3 kali sehari pada bagian yang gatal.

    Demikian, semoga membantu. Terima Kasih.

  • User

    selamat malam dok. maaf ganggu sbentar... Dok, saya mengalami bintik-bintik merah, tapi tidak gatal, dan kadang kadang terasa cekiit yg di gigit nyamuk, terus kalau musim cuaca dingin muncul bintik merah, dan biasanya itu kalau makan ikan laut kambuh kadang tidak, dan kadang terasa kayak menggigil paha sampai kaki, dan saya tidak tahu awalnya tiba-tiba muncul bintik-bintik merah kecil-kecil, terus setiap tidak muncul bintik merahnya meninggalkan berkas hitam,,, saya mohon minta tolong banget dok, apa solusinya dan apa obat yang harus saya beli di apotik dok????????

  • User

    Halo dok. Sya mau tanya .?
    Anak saya bintik2 merah di bagian miss V nya dan anak saya berumur 1 thn 4 bln .. pertama sblm bintik2 muncul merah2 .. y seperti alergi pempers tapi saya pakai salep dri apotik singapur mama saya belikan .. sampai 3 hari saya pikir saya gak akan bawa dia ke dokter karna mungkin akan sembuh/membaik .. tapi ternyata skrng makin parah . Semakin banyak bintik2 di missV anak saya sampai ke pantat .. dan skrng badan dan wajah anak saya memerah saya takut dia terkena cacar ..
    Maav dok bicara saya kurang lancar tapi semoga aja dok paham pembicaraan saya ini .. pleas respon y dok

  • dr. Deffy Leksani dr. Deffy Leksani Dokter Umum

    Hallo, Selamat Pagi.

    Kulit bisa terinfeksi oleh bakteri, virus, dan jamur. Infeksi ini dapat menimbulkan bintik merah pada kulit, dan bahkan hingga bernanah. Kulit melindungi organ, tulang, dan otot-otot pada tubuh. Namun, kulit juga dapat mengalami infeksi. Berikut adalah beberapa penyakit atau infeksi yang menimbulkan bintik merah pada kulit :

    - cacar air
    - jerawat
    - dermatitis
    - kudis
    - alergi
    - dsb.

    Jika memang keluhan anda sering muncul dan mengganggu, maka disarankan untuk memeriksakan diri anda kepada dokter spesialis kulit selagi bintik merah tersebut muncul sehingga dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap keluhan anda secara langsung dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

    Sebagai tambahan informasi untuk anda, dapat dibuka link berikut ini : http://meetdoctor.com/article/reaksi-penolakan-sesaat-atau-alergi

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

  • dr. Deffy Leksani dr. Deffy Leksani Dokter Umum

    Hallo, Selamat Pagi.

    Apakah timbulnya bintik merah di sertai dengan gejala demam ? adakah rasa gatal di bintik merah tersebut yang dirasakan oleh anak anda seperti sering menggaruk di sekitar area kemaluannya ? apakah anak anda memiliki riwayat alergi sebelumnya?

    Ruam atau bintik merah pada kulit bayi adalah hal yang biasa terjadi. Ini berarti kulit sensitif bayi sedang beradaptasi dengan lingkungan baru. Kebanyakan ruam dan bintik merah tersebut tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya. Kulit bayi bisa sensitif terhadap benda asing. Berikut adalah beberapa bintik merah atau ruam pada kulit bayi yang biasa terjadi :

    1. Eksim
    Tipe eksim yang paling sering terjadi pada bayi dan anak (namun bisa berlanjut hingga dewasa) adalah eksim atopik (atopic dermatitis). Eksim menyebabkan kulit bayi menjadi gatal, kering, merah, dan pecah-pecah. Eksim biasanya disebabkan oleh kulit sensitif atau alergi. Pada umumnya, eksim muncul pada lipatan kulit, seperti di belakang lutut, lipatan siku, lipatan leher, dan daerah di sekitar mata dan telinga.

    2. Penyakit tangan, kaki, dan mulut
    Ditandai dengan demam, kehilangan nafsu makan, sakit tenggorokan, nyeri di mulut, dan ruam yang tidak terasa gatal. Penyakit ini menimbulkan ruam atau bintik merah di tangan dan kaki, serta sariawan di mulut. Penyakit ini juga dapat muncul di area bokong bayi.

    3. Ruam Popok
    Ruam popok biasa terjadi ketika kulit bayi terlalu lama terkena urine atau feses. Ruam popok dapat diatasi dengan rutin mengganti popok bayi dan mengoleskan krim atau salep untuk ruam popok sebelum memakai popok. Namun jika muncul bintik merah terang atau kulit menjadi bengkak, melepuh, kering atau pecah-pecah, segera periksakan anak ke dokter. Gejala ini menunjukkan adanya infeksi jamur.

    4. Biang Keringat
    Bintik merah pada kulit bayi ini biasa muncul ketika cuaca terasa panas dan lembap, serta bayi berpakaian terlalu tebal. Biang keringat dapat menyebabkan pembengkakan ringan, gatal-gatal, dan cenderung muncul di kepala, leher, bahu, lengan, atau kaki bayi. Untuk mengatasinya, pindahkan bayi ke ruangan yang lebih sejuk atau mandikan dengan air dingin. Selain itu, pakaikan baju yang tipis dan tidak berlapis-lapis. Pastikan baju bayi dicuci dengan cara aman.

    Sehingga dari banyakna penyebab yang terjadi pada anak anda, maka di perlukan pemeriksaaan secara langsung oleh dokter anak untuk mengetahui penyebab pastinya dan hindari menggunakan salep atau obat tanpa adanya resep dan petunjuk dari dokter.

    Sebagai tambahan informasi untuk anda, dapat dibuka link berikut ini : http://meetdoctor.com/article/ruam-popok

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Alergi ?
Ask Doctor
Aktivitas Fisik 1,5 Jam Sehari Bisa Cegah Penyakit Kronis Aktivitas Fisik 1,5 Jam Sehari Bisa Cegah Penyakit Kronis 5 Cara Agar BAB Lancar 5 Cara Agar BAB Lancar