x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
GATAL2, BINTIK MERAH MENGELUARKAN CAIRAN
on 21 Jun 2012

malam dokter,
sudah seminggu ini saya merasakan gatal di jari dan kedua daun telinga saya.
Kedua telinga saya gatal setelah saya mengoleskan parfum dibelakang telinga. Tadinya saya pikir hanya gatal2 biasa, tetapi beberapa hari kemudian daun telinga menjadi bengkak dan merah. Semalam mengeluarkan cairan yang berbau amis dan yang bengkak itu mengempis. Merah dan gatal masih berlanjut. Kalau jari tangan saya, sudah kering, tetapi kembali gatal saya garuk sehingga mengeluarkan cairan. baru sore tadi saya memberikan salep cinolon-n. sebelumnya saya berikan betadine cair.
yang saya ingin tanyakan disini, gatal2 yang saya derita ini karena apa ya Dok ?
Mohon jawaban dari Dokter.
Terima kash

Seseorang
tangerang

1 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Halo, selamat pagi.

Gatl-gatal dan keluhan kulit yang Anda alami pada daun telinga (bengkak, merah) disebabkan oleh kondisi kulit Anda yang lebih sensitif terhadap bahan parfum tersebut, atau dikenal dengan istilah dermatitis kontak alergik.

Hal yang perlu diperhatikan pada pengobatan kondisi ini adalah upaya pencegahan terulangnya kontak kembali dengan bahan penyebab dan menekan kelainan kulit yang timbul.

Untuk pengobatan pada kondisi Anda, umumnya diberikan obat golongan kortikosteroid untuk mengatasi peradangan. Setelah beberapa hari biasanya akan mereda. Sementara, untuk kelainan di kulit cukup dikompres dengan larutan garam faal (misalnya, memakai cairan infus NaCl). Setelah mereda, baru diberikan salep.

Sementara, salep Cinolon-N mengandung salah satu kortikosteroid dan juga antibiotik, dipakai pada peradangan kulit dengan infeksi. Pemakaian obat ini memang dapat digunakan, tetapi saya menganjurkan untuk memeriksakan ke dokter guna mendapat terapi yang sesuai.

Sementara, untuk keluhan pada jari Anda, saya tidak dapat menjawab karena riwayat apa yang sebelumnya Anda alami pada jari Anda tidak saya ketahui.

Semoga jawaban saya membantu Anda.

Say Thanks
on 22 Jun 2012
in partnership with