Gejala kolesterol tinggi
on 08 Mar 2012

dokter, apakah sakit, pegal di belakang leher dan pusing, termasuk gejala kolesterol tinggi? tlg bantuannya, tq

Seseorang
Bogor

2 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Selamat siang:)

Gejala pada kolesterol tinggi sayangnya tidak spesifik. Gejalanya bervariatif mulai dari tanpa gejala sama sekali sampai ada yang dengan timbulnya gejala-gejala seperti sakit / nyeri kepala, pegal-pegal, maupun kaku atau tegang di tengkuk / belakang leher. Gejala-gejala tersebut dimungkinkan karena kurangnya oksigen. Kadar kolesterol yg tinggi menyebabkan darah menjadi kental sehingga oksigen berkurang.

Meskipun demikian, perlu juga diingat bahwa gejala2 tersebut tidak selalu menjadi tanda bahwa seseorang memiliki kolesterol yg tingii, krn sekali lagi, hal tsb bukanlah gejala dan tanda yg spesifik.

Ada baiknya anda memeriksakan kadar kolseterol darah anda, untuk mendapatkan kepastiannya.

1 Thanks
on 08 Mar 2012
Dokter
Jakarta, Indonesia

Kadang masyarakat sering mengasosiasikan rasa sakit, serta pegal di belakang leher sebagai gejala kolesterol tinggi. Pendapat ini tidak sepenuhnya salah, karena banyak orang dengan gejala-gejala tersebut, ternyata memang memiliki 'kolesterol tinggi', tetapi ada yang harus dikoreksi.

Dalam dunia kedokteran, 'kolesterol tinggi' dikenal dengan istilah hiperlipidemia. Kolesterol itu sendiri hanya merupakan salah satu komponen dari lemak (lipid), komponen lain, yaitu VLDL, LDL, trigliserida, dan HDL.

Faktor keturunan juga memegang peranan penting dalam keadaan ini. Sarana diagnostik yang akurat adalah dengan memeriksakan darah untuk mengetahui apakah ada 'kolesterol tinggi' tersebut, karena banyak orang tanpa keluhan ternyata memiliki 'kolesterol tinggi'

1 Thanks
on 08 Mar 2012
in partnership with