haid berkepanjangan
on 05 Jul 2012

Dear Dr.Alan dan Dr. Didi, menanggapi jawaban yang diberikan dokter, saya mau bertanya,
memang benar ya kalo lg kecapean n stress bgt bs bikin haid sampai 1 bulan lbh? aku keluarnya sedikit bgt n ga ada rasa sakit or nyeri sama skali (karena selama ini, kalau aku haid memang tidak pernah nyeri).
Dan darah yg keluar bukan terjadi setelah melakukan ML.
Kalau kista itu pasti ada keluhan nyeri pada saat haid ga siy ya dok?
kemudian, sy disuruh minum kalnex 500 mg 3x sehari selama 5 hari, itu fungsinya untuk apa ya dok?
Thx

(jawaban pertanyaan saya kemarin:


Hai, selamat sore.

Dari cerita Anda, didapati bahwa riwayat haid Anda tidak teratur. Ini yang harus ditelusuri dulu penyebabnya. Tentunya, memang ini disebabkan oleh adanya perubahan hormon; dan harus diketahui asal muasalnya. Stress, kelelahan fisik memang berpengaruh terhadap siklus haid yang kurang teratur. Saran saya, Anda memeriksakan diri dulu ke dokter kandungan untuk hal ini. Sulit untuk mengetahui penyebab tanpa dilakukan pemeriksaan.

Sementara, cukup jarang terjadi robekan pada dinding vagina apabila karena berhubungan intim. Keluhan nyeri bukan hanya disebabkan hal itu; dapat saja oleh hal lain, misalnya adanya infeksi pada area tersebut (sebagai contoh, honeymoon cystytis).

Semoga bermanfaat.
Say Thanks
21 hours 17 minutes ago
dr. Didi Dewanto, SpOG
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Surabaya

Post coital bleeding, harus diwaspadai adanya lesi/luka pd cervix/mulut rahim. Saran saya: ibu cek ke dokter kandungan utk diperiksa scr lengkap, baik USG Vaginal, maupun pemeriksaan dalam dg Inspeculo, bahkan kalo perlu bila mencurigakan didaerah cervix dg Kolposkopi (alat utk melihat cervix dg pembesaran)

Say Thanks
18 hours 43 minutes ago

Seseorang
Jakarta

4 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Selamat siang,

Fungsi obat Kalnex 500 mg (Asam Tranexamat ) adalah untuk menunjang sistem pembekuan darah sehingga membantu menghentikan perdarahan yang anda alami .

Kista yang berada di endometrioum (rahim) atau ovarium (indung telur) memang terkadang dapat memberikan keluhan nyeri saat haid, namun bisa juga tidak memberikan adanya gejala / nyeri sama sekali.

Faktor stress baik secara fisik maupun psikologis dapat mempengaruhi produksi hormon FSH dan LH. Keduanya merupakan hormon yang mengatur produksi estrogen dan progesteron yang mengatur siklus menstruasi.

Demikian, semoga membantu, Terima kasih.

Say Thanks
on 05 Jul 2012
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Surabaya

Apabila sdh dipastikan ibu tdk dlm kondisi hamil, maka ibu bs lgsg terapi minum pil KB, misal Yasmin utk mengatur siklus haidnya.

Say Thanks
on 05 Jul 2012
Jakarta

terapi pil kb itu prosesny gmn ya dok? kemudian apa bedanya kalau saya hanya minum kalnex 500 mg x 3 selama 5 hari?
apakah kalau masalah haid saya ini disebabkan karena kelelahan fisik dan psikologis, bisa sembuh hanya dengan kalnex??
thx ya dok

Say Thanks
on 05 Jul 2012
Dokter
Jakarta, Indonesia

Hai, Natalia.

Harus dilihat terlebih dahulu bagaimana riwayat haid Anda. Kelelahan fisik atau pun stress dapat memicu perubahan hormon; yang akhirnya dapat menyebabkan hal ini. Baik untuk diketahui, bahwa perubahan hormon baru salah satu kemungkinan penyebab. Penyebab lain, misalnya kondisi dalam rahim Anda, misalnya ada endometriosis, kista, atau pun tumor lain. Inilah yang pertama harus dicari tahu dahulu.

Ada beberap istilah, yaitu menorrhagia dan menometrorrhagia. Menorrhagia, apabila menstruasi terjadi pada interval teratur, tetapi dengan darah yang keluar lebih banyak disertai waktu yang lebih panjang. Apabila darah yang keluar lebih banyak disertai frekuensi yang lebih sering disebut dengan menometrorhagia.

Mengenai terapi dengan pil KB dimaksudkan apabila apa yang Anda alami disebabkan oleh perubahan hormonal. Kegunaannya, untuk memicu keluarnya darah menstruasi hingga didapati siklus yang teratur pada Anda.

Demikian dan semoga bermanfaat.

Say Thanks
on 05 Jul 2012
in partnership with