MEETDOCTOR

Female Health

Haid setelah melahirkan pada Ibu menyusui

Haid setelah melahirkan pada Ibu menyusui
Seseorang
Jakarta

Hi Dok, apakah benar karakteristik haid seseorang yg habis melahirkan & menyusui secara eksklusif bisa jadi tidak biasa? Misal keluar darah sedikit sekali tetapi dlm periode yg cukup lama, misal 2 minggu. Atau keluar cukup banyak tp hanya 2 hari saja. Sampai mana batas kewajaran siklus haid tsb? Berapa lama ketidak-biasaan siklus itu berlangsung?

Answers

2 answers

  • Betul bu, bahkan bisa tidak haid hingga 18-24 bulan setelah melahirkan, apabila ASI nya sangat ekslusif sekali.

    Siklus haid yang wajar berkisar antara 2-7 hari, diluar itu (bila sudah sampai 2 minggu), maka dinilai sebagai gangguan haid (tidak wajar).

    Banyak faktor yang bisa menyebabkan gangguan haid . Salah satu faktor yang memang sering terjadi adalah adanya gangguan / ketidak seimbangan hormon.


    Pada kondisi seperti ini biasanya diobati dengan obat-obatan hormonal guna melancarkan siklus haidnya. Idealnya, harus diperiksa terlebih dahulu kadar hormon FSH, LH, Prolactin, TSH dan Estradiol di laboratorium. Untuk itu saya anjurkan agar anda memeriksakan diri kembali ke dokter kebidanan dan kandungan guna memperoleh pengobatan dan pemeriksaan hormon sebelum diobati, agar pengobatan yang diberikan tepat dan benar.

    Pastikan pula berat badan anda ideal dan cukup waktu istirahat serta rutin berolah-raga. Ketiga faktor ini sangat menunjang kelancaran dan keteraturan siklus menstruasi.

    Terima kasih.

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

    Bila full menyusui ASI maka otomatis biasanya tdk akan mendapat haid, krn tjd Hiperprolaktin. Hal ini bisa jg dipakai sbg KB alami. Hati2 bila sdh mendapat mens normal, krn masuk siklus subur kembali, sebaiknya memakai Kb utk mencegah kehamilan

Anda punya pertanyaan seputar Female Health ?
Ask Doctor
Wajah berminyak membutuhkan perawatan rutin untuk mencegah timbulnya jerawat. Tujuh hal berikut adalah perawatan yang bisa dilakukan untuk wajah berminyak. Wajah Berminyak, Ini Cara Perawatannya Selama masa kehamilan, sebaiknya hindari beberapa jenis makanan berikut ini. Pasalnya. imun tubuh ibu hamil dan perkembangan janin lebih rentan terkena bakteri. Ibu Hamil, Hindari Makanan Ini