Profile
Kesehatan Wanita

haid tidak teratur

haid tidak teratur
Malang

Answers

4 answers

  • salam kenal Dok ^_^
    usia saya 26 tahun dan baru mempunyai anak usia 11 bulan. setelah melahirkan saya menggunakan KB suntik 3 bulanan dan saya haid 2 bulan sekali selama 1 bulan (haid tidak banyak). saya merasa tidak cocok karna jika terlalu lama menggunakan pembalut, saya alergi. oleh karna itu saya hentikan suntik KB tersebut. sejak menghentikan KB saya tidak haid selama 5 bulan. begitu saya haid, dalam 1 bulan saya haid 2x(2 minggu sekali). apakah itu masalah?? memang sejak remaja haid saya tidak teratur. bisa hamilpun karna haid saya diatur oleh dokter menggunakan cyclo progynova. atas jawaban yang diberikan terima kasih

  • dr. Janfrional dr. Janfrional Dokter Umum

    Dear Irma,

    Tolong lengkapi dan perjelas pertanyaan anda sehingga kami bisa memberikan pendapat dan saran secara lebih jauh.

    Terima kasih.

  • selamat mlm dok ....
    saya mau nanya dok pertama kali saya KB saya menggunakan suntik KB yang 1 bulan sekali dok dan haid saya lancar dok lalu saya berkunjung ke tempat saudara saya suntik KB yg 3 bulan dok setelah itu haid saya jadi tidak teratur dok karena haid saya jadi tidak teratur maka setelah 3 bulan saya ganti lagi suntik KB yang 1 bulan sekali lagi dok tapi sampai sekarang haid saya tetap tidak teratur dok . apa yang harus saya lakukan dok biar haid saya bisa teratur kembali dok ?
    sebelumnya terima kasioh ya dok ....
    mohon dijawab yah dok .....

  • Selamat malam Ibu Laila

    Pada wanita yang menggunakan KB hormonal, maka akan mengalami gangguan siklus menstruasi. Ada berbagai macam jenis kontrasepsi, salah satunya KB suntik seperti yang Anda lakukan.

    Salah satu efek samping yang paling sering dikeluhkan pada pengguna KB suntik 3 bulan adalah tidak haid. Efek ini umumnya terjadi pada penggunaan jangka panjang, dimana awal penggunaan biasanya menstruasi justru tidak teratur dan lebih sering, setelah penyuntikan beberapa kali di jadwal selanjutnya justru tidak terjadi haid sama sekali. Ini merupakan hal normal yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal akibat efek dari hormon suntik KB tersebut. Tidak menstruasi ini dapat tetap terjadi walaupun suntik KB 3 bulan dihentikan, semakin lama waktu penyuntikan semakin lama juga kembalinya haid dan juga dengan begitu semakin lama juga kembalinya masa subur.

    Haid akan kembali teratur setelah tubuh beradaptasi sehingga hormon tubuh kembali seimbang, lama adaptasi ini dapat berbeda antar tiap wanita. Untuk memastikannya sebaiknya Anda memeriksakan dahulu ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Salah Kaprah Pil KB yang Bisa Merugikan Salah Kaprah Pil KB yang Bisa Merugikan 6 Manfaat Ajaib Jahe 6 Manfaat Ajaib Jahe