HAID YANG TIDAK KUNJUNG DATANG
on 20 Mar 2012

siang dok.. saya ingin brtanya, mengapa saya tidak mengalami haid lg setelah saya melahirkan,, dan masa nifas. skrg bayi sy berumur 4bulan lebih, saya sudah melakukan testpack tp hasilnya negatif. kira2 knp yah dok. terimakasih

Seseorang
Subang, Indonesia

7 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Halo Selamat Siang,

Amenorrhea atau tidak terjadinya menstruasi merupakan hal yang lazim ditemui selama masa nifas dan setelahnya. Hal ini terutama terjadi pada ibu yang giat menyusui bayinya. Dan hal ini juga berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan secara alamiah.

Pada saat ibu menyusui, maka saat itu tubuh akan menghasilkan hormon prolactin.Peningkatan kadar hormon prolactin ini di dalam peredaran darah akan menghambat produksi hormon pelepas gonadotropin di otak (GnRh). Akibatnya, sekresi dan produksi estrogen menjadi terhambat, demikian akhirnya sehingga tidak terjadi menstruasi/haid.

Terdapat data yang menyatakan pada ibu-ibu yang giat menyusui bayinya 37 % proses menstruasi kembali normal pada 6-12 bulan setelah melahirkan, dan 48 % pada 12-24 bulan setelah melahirkan.

Apabila anda termasuk ibu yang aktif dan giat menyusui bayi, maka hal yang ibu alami masih tergolong normal.

Namun apabila ibu tidak memberikan ASI, perlu dipertimbangkan adanya penyebab lain, yang kemungkinan besar adalah gangguan hormonal.

Demikian , semoga bermanfaat. Salam.

Say Thanks
on 20 Mar 2012

Mengenai belum dapatnya haid Ibu setelah masa nifas, kemungkinan besar karena ibu masih aktif menyusui anaknya. Hal ini disebabkan oleh naiknya hormon Prolaktin yaitu hormon yg memproduksi ASI sehingga membuat ibu belum mendapat haid. Jadi ibu tidak perlu khawatir, hal ini bisa juga utk metode KB, secara teori disebutkan bila ibu menyusui lebih dari 8 kali sehari, maka akan mengalami Amenore Laktasi ( tidak haid). Maka bila ibu menyusui sdh jarang dan sudah mendapatkan haid, ibu sebaiknya memakai alat kontrasepsi utk KB nya. Terimakasih

remove comment
on 20 Mar 2012
Subang, Indonesia

oh gitu ya dok,, saya memang memberikan asi ekslusif pd anak saya. terimakasih banyak atas informasinya, hal ini membuat saya mnjdi lebih tenang. :)

Say Thanks
on 20 Mar 2012
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
RS Unair & National Hospital, Surabaya

Apakah anda menyusui? Jika anda menyusui secara ekslusif bisa menyebabkan tidak haid pasca melahirkan.

Say Thanks
on 21 Mar 2012
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Jakarta, Indonesia

Halo say apa kabar? Thanks for asking .....sekarang saya yg balik tanya ya hehehhe......apakah sekarang kamu sedang menyusui? Atau ASI eksklusif , kalau memang iya memang biasanya memang haid tidak akan terjadi.....kalau memanh betul begitu itu adalah hal yang normal sayang, tetapi kalau ingin tahu lebih jelas sebaiknya konsul ke dokter pribadi kamu yg kmrn enolong persalinan mu yaaa

Say Thanks
on 21 Mar 2012
jakarta

mungkin bisa turut dibaca artikel http://meetdoctor.com/topic/amenorrhea
semoga bisa membantu

Say Thanks
on 27 Mar 2012

thanks dok atas jawabannya

Say Thanks
on 21 Jun 2013
in partnership with