Profile
Kehamilan Ektopik

Hamil 7 minggu namun usia kantung kehamilan baru 5 minggu normalkan dok ?

Hamil 7 minggu namun usia kantung kehamilan baru 5 minggu normalkan dok ?
Denpasar, Denpasar City, Bali, Indonesia

Halo dokter , sy linda umur 23th , ini kehamilan k2 sy, yg pertama sy keguguran diusia 3 bulan,dibulan 15 agustus 2016 ,krna detak jantung janin Hilang (awlnya usia7w sdh ada janin+denyut jantung bayi) akhirnya sy kuret. setelah itu september siklus sy berantakan,, oktober - november normal (28 hari) ini kehamilan sy yg k2, HPHT sya 07 November 2016,, sy chek up 21 des 2016,yg harusnya usia kehamilan saya 7w, setelah di USG dan usg Transvaginal hanya terlihat kantung ukuran 5w,,, dokter sy bilang ini kurang bagus dok ,,:( jujur sj ,sya masi trauma dengan kuret , baru bulan agustus 2016 sy mengalami itu,, sy takut dok,,, oya dokter sy masi menyarankan obat penyubur dok,,, tp ini membuat sy malah kelihatan gemuk,,,apakan penyubur masi berpengaruh kepada janin ? mohon penjelasnnya ya.. terimakasih ..maaf terlalu panjang y dok,,

Answers

6 answers

  • dr. Ulil Huda dr. Ulil Huda Dokter Umum

    Selamat siang,
    Obat penyubur kandungan umumnya bekerja dengan melepaskan hormon yang mengatur atau memicu ovulasi. Obat untuk menangani gangguan ovulasi tersebut biasanya dapat berupa suntikan ataupun dapat dikonsumsi langsung.
    Seorang dokter dapat menganjurkan obat penyubur kandungan yang berbeda-beda berdasarkan kepentingan pasien dan efek samping dari obat tersebut. Kondisi kesehatan pasien pada saat itu juga menjadi pertimbangan dokter.
    Bila dokter yang memeriksa anda secara langsung maka obat tersebut aman bagi janin Anda.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.

  • lalu dok mengenai kehamilan sy yg usianya 7 minggu lalu di usg baru ada kantung kehamilan dengan usia 5 w apakah normal ??

  • Selamat siang,

    Berdasarkan HPHT memang seharusnya anda memasuki usia 6-7 minggu, namun pada kenyataannya di USG ditemukan kantung kehamilan yang berusia sekitar 5 minggu, hal itu bisa saja terjadi mengingat kita tidak tahu kapan saat tepatnya terjadi pembuahan.

    Sebaiknya anda tidak usah terlalu khawatir dan stress, karena akan berdampak langsung ke janin anda, sebab stress dapat menyebabkan mengecilnya pembuluh darah salah satunya pembuluh darah ke plasenta yang akan mengakibatkan nutrisi ke janin berkurang, dan menyebabkan janin akan lambat berkembang. tetap berpikiran positif untuk segala hal, jaga pola makan, makan makanan yang sehat dan baik untuk periode awal kehamilan. Olahraga teratur dan cukupkan cairan perhari serta kontrol stressor di sekitar anda. Jangan terlalu lelah atau terlalu banyak berfikiran negatif, sibukkan diri anda dengan hal-hal positif untuk membantu tumbuh kembang janin di rahim anda.

    Semoga semuanya berjalan lancar. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

  • @dr. Ayu Andrian Putri ... terimakasih banyak atas masukannya dan sarannya ,,
    jujur saya masi trauma dengan Dokter Kandungan dan Rumah sakit Bersalin ,,
    semoga kandungan sya ini baik saja dok ,, doakan ya dok,,,
    sy sangat cemas ,,trauma akan seorang dokter SPOG ..
    karna kehamilan yg1 sy hanya selisih 1 minggu , dan di kemilan yg k2 sy selisih 2 minggu ...

    TERIMAKASIH banyak dokter

  • Halo dokter,, ternyata sy mengalaminya kembali ,,
    setelah ad jadwal usg ,, kantung kehamilan sy tidak terlihat lagi bahkan saya mengalami flek kecoklatan beserta darah ,,, dokter mengatakan ini tidak berkembang u/ menjadi embrio..
    akhirnya dokter menyarankan saya untuk meminum obat sja tanpa kuret ,,
    sya diberi obat CHROMALUX dosisnya 3x1 , setelah sy minum keluar gumpalan darah dok rasanya mules banget dok ,, y saya hanya bisa ikhlas dok ,,ini adalah kehendakNya....
    pertanyaan saya dok:
    1. Apakah obat CHROMALUX aman untuk rahim sy dok ?
    2. Kapan saya bisa hamil lagi ? apakah harus menunggu 3 siklus ,, karna ini dikeluarkan dengan obat bukan kuret .
    3. Keluar darah saat ini tgl 10 januari 2017, lalu kapan masa subur sy selanjutnya dok ?

    terimakasih sebelumnya dokter

  • Selamat siang dear,

    Saya turut prihatin atas kejadian yang kembali menimpa ibu..

    Saya akan mencoba menjawab pertanyaan anda satu-persatu :
    1. Chromalux berisi misoprostol yang memiliki efek vasokonstriksi pada rahim sehingga rahim akan mengeluarkan semua jaringan sisa yang tidak berkembang menjadi janin. Obat ini aman selama diminum sesuai anjuran dokter.
    2. Anda akan dapat hamil lagi segera setelah masa perdarahan selesai, namun biasanya rahim memang butuh waktu pemulihan sekitar 2-3 bulan untuk dapat terjadi implantasi selanjutnya. Namun sebaiknya anda mempersiapkan rahim anda dikarenakan sudah 2x terjadi abortus, dan mengarah abortus habitualis, anda dapat berkonsultasi ke dokter untuk obat apa yang dapat dijadikan penguat kandungan.
    3. Jika HPHT anda tanggal 10 Januari 2017, masa subur berkisar pada tanggal 24-30 Januari 2017.

    Sekian semoga membantu. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Kehamilan Ektopik ?
Ask Doctor
Kebanyakan keluhan memang tidak menandakan adanya penyakit serius. Tapi ada beberapa keluhan yang sebaiknya tidak diabaikan. 6 Keluhan yang Tidak Boleh Diabaikan Rasa manis pada gula membuat penikmatnya kecanduan. Namun, efeknya cukup besar bagi kesehatan. Ini Bahaya Gula bagi Kesehatan