Profile
Hamil

Hamil atau tidak?

Hamil atau tidak?
Denpasar

Dok, bulan Oktober yg lalu saya datang haid pada tanggal 5 lalu sebelum tanggal 3 bulan November ini payudara saya sudah mulai terasa sakit dan ada tanda-2 seperti mau haid. Lalu tanggal 3 November keluar darah sekali disiang hari dan 2 hari berturut-turut hanya ada bercak-2 kecoklatan hingga hari ini (yg saya pikir merupakan hartman sign).3 hari yg lalu saya panas dan flu batuk. disertai dengan demam. Saya ingin minum obat tapi saya kuatir jikalau saya hamil, maka suami saya menyarankan untuk test pack, dan hasilnya positif. Malamnya saya mengecek ke dokter kandungan, akan tetapi dokter tidak yakin akan itu. Waktu di USG dokter malah bilang haid saya belum keluar semua. Namun saya diberi obat penguat dan diminta datang 10 hari lagi. Oya saya punya riwayat infeksi saluran kencing dan bulan agustus lalu sempat didiagnosa infeksi panggul (saya memiliki divertikal uretra juga). Nah sebelum tanggal 3 itu saya merasakan lagi nyeri diperut kanan bawah dan pinggul. Jd kemaren dokter juga memberi saya antibiotik untuk infeksi saya. Yg membuat saya bingung, darah yg terakhir dan bercak-bercak kecoklatan yg saya alami ini apa ya? apa benar saya hamil?

Answers

5 answers

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Kalau test pack + berarti anda hamil. Darah yg ngeflek itu adalah abortus imminens artinya anda ada ancaman keguguran. Oleh krn itu harus byk istirahat.

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Selamat siang,

    Apabila hasil test pack sudah positif maka sudah pasti saat ini anda memang sedang hamil. Bercak bercak kecoklatan yang anda alami dapat merupakan akibat perdarahan akibat implantasi janin pada dinding rahim pada awal mula kehamilan. Hal ini masih digolongkan normal. 25% wanita hamil mengalami hal ini pada awal masa kehamilannya.

    Semoga membantu. Terima kasih.

  • Wah dokter, terima kasih untuk merespon langsung pertanyaan saya. Boleh lanjut tanya lagi ya dok? Kalo ada infeksi dalam kandungan atau saluran kencing saya, dan saat ini saya meminum antibiotik Auspilic, apakah ada bahayanya buat janin saya? Saya seorang guru dan ruangan saya dilantai 2, hal-2 apa yg harus saya perhatikan ketika bekerja sehingga saya bisa mempertahankan Janin dlm kandungan saya dengan baik?

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Antibiotik yang anda sebutkan tergolong aman bila digunakan dalam masa kehamilan.

    Dalam pekerjaan tersebut tidak ada hal khusus yang perlu diperhatikan. Cukup hati-hati saja saat naik-turun tangga pada saat hamil usia 6 bulan ke atas nanti. Saat itu besar kandungan sudah cukup berat. Gunakan pegangan / gagang tangga saat anda naik-turun tangga.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore,

    Infeksi saluran kencing adalah infeksi pada sistem urinal. Sistem urinal terdiri dari ginjal, kandung kemih, ureter, dan uretra.
    Perempuan memiliki risiko yang lebih besar untuk terkena penyakit ini dibandingkan laki-laki. Infeksi saluran kencing yang terjadi di kandung kemih akan sangat menyakitkan dan mengganggu. Tapi, jika infeksi terus merambat hingga ke ginjal, dampaknya akan berbahaya.

    Gejala umumnya meliputi :
    -Keinginan untuk segera buang air kecil.
    -Sensasi terbakar ketika buang air kecil.
    -Urine yang dikeluarkan sedikit namun sering.
    -Urine berwarna agak pucat.
    -Urine berwarna pink cerah atau cokelat seperti minuman kola bersoda. Ini artinya urine mengandung darah.
    -Urine berbau menyengat.
    -Nyeri panggul pada perempuan. Nyeri dubur pada laki-laki.

    Infeksi saluran kencing paling sering terjadi pada perempuan idbandingkan lelaki.

    Infeksi saluran kencing dapat diatasi dengan antibiotik. Jenis dan berapa lama perawatannya dilakukan akan bergantung pada kondisi kesehatan dan tipe bakteri yang menginfeksi.Dokter juga mungkin akan meresepkan obat pereda nyeri (analgesik) untuk membuat uretra dan kandung kemih kebal. Tujuannya agar pasien tidak merasakan sensasi terbakar lagi ketika buang air kecil. Tapi, obat ini dapat membuat urine berwarna oranye atau merah.

    Minum air yang banyak. Lebih sering buang air kecil akan membantu saluran kencing menjadi lebih sehat. Bakteri di saluran kencing dan sekitarnya akan terbuang bersama dengan urine.

    Segera buang air kecil setelah berhubungan seksual, dan minum segelas air untuk membantu mengeluarkan bakteri.

    Pemeriksaan urinalisis dilakukan untuk menentukan dua parameter penting ISK yaitu leukosit dan bakteri. Pemeriksaan rutin lainnya seperti deskripsi warna, berat jenis dan pH, konsentrasi glukosa, protein, keton, darah dan bilirubin tetap dilakukan.

    untuk lebih lengkapnya silahkan membaca artikel berikut
    http://meetdoctor.com/topic/infeksi-saluran-kencing
    http://meetdoctor.com/article/infeksi-sistem-urin-

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Salah Kaprah Pil KB yang Bisa Merugikan Salah Kaprah Pil KB yang Bisa Merugikan 5 Rahasia Hidup Sehat dan Bugar 5 Rahasia Hidup Sehat dan Bugar