Hubungan Intim saat Hamil
on 05 Dec 2012

Selamat siang dok, saat ini saya sedang mengandung usia 14 minggu, yang mau saya tanyakan adalah posisi yang baik untuk berhubungan suami istri sampai nti usia kehamilan 9 bln dan frekuensi berhubungannya brp kali dalam seminggu ? karena mengingat saya ada miom subserosum. Mohon jawaban dari Dokter. Trims

Seseorang
jakarta selatan

4 Answers

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
RS Unair & National Hospital, Surabaya

Berhubungan intim dalam kehamilan sebenarnya tidak menjadi masalah, dan diperbolehkan asal sebelumnya tidak ada riwayat flek2/perdarahan. Untuk posisi sebaiknya yang konvensional/konservatif (posisi missionaris) sehingga tidak melelahkan ibu dan menekan perut/kandungan. Frekuensi tidak ada acuan, silahkan sesuai keinginan dan kemampuan ibu dan suami.

1 Thanks
on 05 Dec 2012
jakarta selatan

Terimakasih dok atas jawabannya :)

Say Thanks
on 05 Dec 2012
Dokter
Jakarta

Dear,


Berhubungan pada saat kehamilan sangat dipengaruhi oleh kondisi kehamilan sendiri, bagi ibu2 yang pernah mengalami keguguran, plasenta letak rendah, dan terbukanya mulut rahim sebaiknya berkonsultasi dulu pada dokter kandungan anda.
Namun jika tidak ada masalah pada kehamilan, hubungan intim boleh2 saja dilakukan dengan frekuensi yang tidak terlalu sering, 2x seminggu masih dibilang aman. Posisi yang baik adalah posisi ibu diatas atau miring kesamping pada saat berhubungan.


Semoga membantu

1 Thanks
on 05 Dec 2012
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Surabaya

Selama tidak ada keluhan (kontraksi/nyeri perut, perdarahan dll) silakan Bu dipakai berhubungan tdk masalah. Pelan2 dahulu. Bila setelah hubungan ada flek/keluar darah, sebaiknya stop dulu utk tdk dipakai berhubungan badan

1 Thanks
on 05 Dec 2012
in partnership with