Hubungan sex saat istri hamil
on 20 Mar 2013

selamat malam dokter, bolehkah berhubungan sex dimana istri sedang hamil 2-3 bulan? Ada efeknya tidak terhadap kesehatan janin dan istri jika saat berhubungan sex, sperma dikeluarkan di dalam vagina?
Sampai usia kandungan berapakah boleh berhubungan sex saat hamil dan mengeluarkan sperma di dlm vagina?
Terima kasih sebelumnya.

Seseorang
Jakarta

2 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Dear,
Pada dasarnya tidak ada larangan untuk berhubungan sex pada saat istri sedang hamil. Hanya saja biasanya disarankan untuk menunda hubungan sex tersebut hingga melewati trimester 1. Hal ini karena kondisi janin dan establishment-nya ke dinding rahim akan lebih kuat setelah trimester 1. Selain itu, banyak sekali kasus flek (yang normal terjadi) pada saat trimester 1, sehingga seringkali membuat pasangan kuatir.
Jika tidak ada keluhan, tidak ada riwayat flek saat awal kehamilan, pada dasarnya tidak ada larangan kok untuk berhubungan sex, termasuk mengeluarkan sperma di dalam.
Jika anda ragu-ragu, boleh berkonsultasi dengan dokter kandungan yang menangani/memeriksa istri Anda.

Semoga membantu

2 Thanks
on 20 Mar 2013
Jakarta

dokter, ini adalah kehamilan pertama, jd saya tidak tau apa itu flek. Namun sejauh ini istri tdk pernah blg klo ada flek, tp pernah blg bahwa pernah keluar cairan bening tdk berbau waktu istri saya kelehahan setelah aktivitas biasa. cairan apa itu dokter?
mohon informasinya. trima kasih.

Say Thanks
on 20 Mar 2013
in partnership with