Infeksi kelenjar getah bening
on 31 Aug 2012

Saya perempuan usia 36 tahun, sudah 3 minggu leher saya sebelah kiri bengkak dan sakit, kata dokter terkena infeksi kelenjar getah bening, dari hasil pemeriksaan terbaru 3hari yg lalu cek ultrasound:
- Both thyroid lobes and isthmus showed normal size and homogeneous echopattern with no focal lesions. Right lobe measured 3.4x1.3 cm. Left lobe measure 3.9x1.6cm.
- The trachea is seen central position.
- Normal neck vasculature.
- Multiple enlarge of upper left anterior deep cervical lymp nodes the largest measures +/-2.9 cm with preserved hilum and ovoid shape mostly inflammatory.
Oleh dokter diberikan anti biotik baik yg di suntik maupun oral, tapi sampai hari ini belum ada perubahan padahal obat yg diberi sudah habis, kalo saya ingin memeriksakan diri lebih lanjut agar pengobatannya lebih tepat kira-kira harus kedokter spesialis apa ya? sebelumnya saya dirujuk kedokter ENT.

Seseorang
Indonesia

1 Answers

Selamat pagi,

Dari hasil USG anda memang ditemukan beberapa pembesaran kelenjar getah bening di daerah leher sebelah kiri.

Ada beberapa hal yg ingin saya ketahui : apakah sebelum ditemukan benjolan di leher kiri, ada demam? Atau keluhan lainnya. Apakah benjolan tersebut teraba panas ataupun nyeri?

Karena kelenjar getah bening sebenarnya adalah lini pertama pelindung tubuh untuk melawan penyakit. Sehingga, jika terdapat infeksi, kelenjar getah bening akan membesar.

Biasanya jika dengan pemberian antibiotik, benjolan tidak mengecil. Dokter akan mempertimbangkan untuk melakukan Biopsi/ pengambilan jaringan untuk mengetahui jenis benjolan tersebut.

Ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam, konsultan hematologi dan onkologi.

Dimana domisili anda sekarang? Apakah Jakarta? Ada dokter spesialis hemato onko yang saya kenal : dr. Lugiyanti. Beliau praktek di MMC dan RSCM.

Semoga membantu yah :)

Say Thanks
on 31 Aug 2012
in partnership with