Profile
Hamil

jika terjadi perlengketan atau hydrosalping, tindakan apa yg harus dilakukan?

jika terjadi perlengketan atau hydrosalping, tindakan apa yg harus dilakukan?
tanti artiyanti
Jakarta

Selamat siang dokter ricky susanto, spog Saya 31thn dan sudah punya seorang putri 6,5th. Sekitar setahun yg lalu saya melakukan usg (perut), hasilnya ada perlengketan/hydrosalping di tuba sebelah kiri. Dokter A menyarankan sy untuk laparaskopi, tp sy tdk langsung operasi. Beberap bln kemudian sy periksakan lg keadaan rahim sy di rumah sakit yg berbeda (sebagai second opinion). Sebut saja namanya dokter B. Dokter B membenarkan adanya perlengketan, dokter B menyarankan sy untuk hsg. pertanyaan saya : 1. Apakah tindakan yg tepat untuk mengobati perlengktan sy? Harus laparaskopi atau hsg? Krn selama sy mengalami perlengketan, perut kiri bagian bawah selalu sakit menjelang mens, kaku dan keras. 2. apa perbedaan tindakan laparaskopi, hsg dan hydrotubasi? Atas saran, informasi dan jawaban dokter, saya ucapkan terima kasih banyak.

Answers

2 answers

  • vicha vicha User

    Dear,

    Pengobatan bisa dilakukan untuk mengatasi sumbatan tersebut. Tentunya dengan melihat dari masing-masing penyebabnya. Jika penyebabnya adalah infeksi, bisa diatasi dengan pemberian obat. Tentu saja dengan konsultasi dari dokter.

    Masalah sumbatan bisa juga diatasi melalui bedah laparoskopi. Sebelumnya akan dilakukanĀ histerosalpingogram(HSG). HSG merupakan jenis sinar X yang digunakan untuk menentukan lokasi sumbatan pada falopi. Dalam cara ini akan dimasukkan cairan kontras ke dalam vagina menuju rahim melalui saluran falopi.Dari situ, dokter bisa melihat sumbatan yang terjadi untuk kemudian dilakukan tindakan. Pembedahan yang dilakukan adalah minimal invasif dengan laparoskopi.

    Terima kasih

  • Dok, apakah tindakan pengobatannya harus melalui hsg terlebih dahulu atau bisa langsung dengan tindakan laparaskopi?
    Apakah perlengketan itu sama dengan hydrosalping?
    Terima kasih dok

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Ejakulasi dini adalah masalah seksual yang dialami pria. Kenali berbagai penyebabnya berikut ini. Ejakulasi Dini, Apakah Itu? Rokok elektrik atau e-cigarette dikembangkan di Tiongkok dan diperkenalkan mulai tahun 2004. Bentuk dan ukuran rokok elektrik beragam Inilah Efek Samping Rokok Elektrik