Kaitannya kaca mata dengan sakit kepala
on 12 Apr 2012

dokter, apakah mata dapat mempengaruhi seseorang menderita sakit kepala atau migrain? misalnya saya menggunakan kaca mata lensa minus tetapi saya jarang menggunakannya jika dalam perjalanan. apakah ini akan berpengaruh terhadap sakit kepala yang sering saya alami? terima kasih

Seseorang
Indonesia

2 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Halo, Selamat Sore :

Ya, pemakaian kaca mata yang kurang tepat dapat menyebabkan nyeri kepala (headache), maupun pusing (vertigo).

Pemakaian kaca mata dengan lensa positif atau negatif memang dapat menyebabkan sensasi tidak nyaman di kepala dan sering dikeluhkan sebagai sakit kepala. Beberapa hal yang mesti diperhatikan untuk mencegah sakit kepala ini adalah :

- Bila anda mempunyai astigmatisme (silinder) pastikan lensa silinder dipasang tepat di tengah-tengah bola mata. Bila letaknya tidak pas, dapat membuat sakit kepala.

-Bila lensa minus yang anda pakai perbedaannya terlalu jauh (lebih dari atau sama dengan 2 Dioptri, contoh : mata kiri minus 1, dan mata kanan minus 3) antara mata kiri dan mata kanan, maka hal ini juga dapat menimbulkan sakit kepala hingga anda terbiasa dengan kaca mata tersebut.

-Bila lensa minus anda cukup tinggi dan anda baru memakainya pertama kali (lebih dari minus 2.5) lapangan pandang bagian pinggir akan tampak lebih kabur dari bagian tengah.

- Dan yang terakhir adalah apabila penyangga dari "frame" kaca mata yang kurang pas (terlalu kencang atau berat) di bagian hidung maupun telinga. Terkadang pula kita merasa kacamata tersebut miring, karena kebanyakan orang yang mempunyai bentuk wajah yang kurang simetris antara bagian kiri dan kanan.

Demikian, semoga penjelasan ini membantu. Terima Kasih :)

2 Thanks
on 12 Apr 2012
Dokter
Jakarta, Indonesia

Untuk lebih jauh mengetahui penanganan rabun jauh/ myopia/ lensa minus anda dapat melihatnya di : http://meetdoctor.com/topic/myopia .

1 Thanks
on 12 Apr 2012
in partnership with