Kaki bayi
on 13 Mar 2012

Pagi dok, apakah pemakaian pampers dari lahir pada bayi berpengaruh pada bentuk/tembuh kembang kaki si bayi,?

apakah penyebab kaki anak berbentuk X ?
terimakasih dok

Syarif Hidayatullah
Jakarta, Indonesia

4 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Selamat Pagi Sdr Syarif.

Pemakaian Diapers/ popok sekali pakai pada bayi jarang sekali mempengaruhi bentuk tubuh pada bayi (anak dibawah umur 1 tahun). Paling sering masalah yang dijumpai adalah terjadinya iritasi pada kulit akibat terlalu sering memakai diapers.

Pastikan pula pemakaian diapers tidak terlalu kencang. Agar tersedia ruang bagi sirkulasi udara, pergerakan si bayi, dan tidak menggangi proses pernafasan bayi.

Untuk istilah "kesemek" apakah bisa diperjelas maksudnya apa....?

Terima Kasih.

Say Thanks
on 13 Mar 2012
Dokter
Jakarta, Indonesia

Bila yang dimaksud adalah kaki bayi berbentuk X, dalam dunia medis ini dikenal sebagai "genu valgum". Hal ini masih bisa dikatakan normal (fisiologis) bahkan untuk anak-anak yang berumur 2-6 tahun. Hampir dapat dipastikan bahwa diapers adalah bukan penyebab terjadinya hal ini.

Bila hal ini yang terjadi, maka cukup dipantau saja perkembangan bayi tersebut. Seiring dengan pertumbuhan menuju dewasa kondisi ini dapat membaik dengan sendirinya. Pemakaian bidai (bracing) dapat membantu apabila kelainannya cukup berat. Pastikan pula anak anda tidak kekurangan vitamin D serta kalsium untuk menjaga pertumbuhan tulangnya.

Semoga bermanfaat. Salam,

Say Thanks
on 13 Mar 2012
Jakarta, Indonesia

terima kasih sarannya, Untuk istilah "kesemek" apakah bisa diperjelas maksudnya dok ?

vitamin D & kalsium untuk bayi 2 bulan yang baik bisa didapat dari mana? mohon sarannya.

Say Thanks
on 13 Mar 2012
Dokter
Jakarta, Indonesia

Maaf Sdr. Syarif tadi nampaknya terjadi kesalahan teknis pada PC saya sehingga tulisan kaki diubah secara otomatis oleh translator menjadi "kesemek".Sekali lagi, maaf untuk kesalahan teknis ini.

Untuk usia bayi anda (2 bulan) tidak perlu diberikan asupan tambahan dari luar. Cukup dari ASI saja. ASI sudah mengandung vit D dan kalsium yang dibutuhkan oleh bayi. Asupan suplemen tambahan dari luar, saya anjurkan untuk mulai diberikan pada usia di atas 1 tahun. Pada saat ini tulang-tulang mulai menanggung beban akibat proses si bayi yang belajar berjalan.

Demikian. Terima Kasih

Say Thanks
on 13 Mar 2012
in partnership with