kanker pembuluh darah
on 25 Sep 2012

Siang dokter,.saya memiliki teman yang sudah saya anggap sebagai adik saya.sekarang dia sedang menjalani perawatan dikarenakan dia kena kanker pembuluh darah stadium 4.yang ingin saya tanyakan: apa gejala dr kanker pembuluh darah? Kok tiba2 adik saya tersebut langsung didiagnosis sakit kanker pembuluh darah dan sudah stadium 4.padahal awalnya kaki bagian kanan bengkak dari (maap) pantat sampai telapak kaki.dan itu gara2 jatuh sewaktu mengeluarkan motor. Apakah penyakitny masih bisa sembuh?kira-kira pengobatannya apa ya dokter?dan apakah biayanya sangat mahal?terimakasih

Seseorang
jogja

2 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Selamat siang,

Sebelumnya saya turut prihatin dengan apa yang teman anda alami. Semoga teman anda lekas sembuh.

Penyakit kanker pembuluh darah (angiosarcoma) memang sulit sekali didiagnosis secara dini. Selain jarang terjadi, kanker jenis ini juga biasanya baru menimbulkan gejala pada pasien setelah penyakitnya sudah memasuki tahap lanjut.

Gejala yang dapat terjadi pada pasien adalah nyeri, bengkak, dan lebam pada daerah di mana kanker tersebut berasal.

Untuk harapan kesembuhan pada pasien angiosarcoma stadium IV memang persentasenya kecil. Angka survival rate (kemungkinan untuk pasien masih hidup) dalam 5 tahun berkisar 10-15 persen.

Pengobatan yang dianjurkan untuk angiosarcoma stadium IV adalah dengan kemotherapi. Namun demikian, perlu dipertimbangkan kembali dan dikonsultasikan juga manfaat dan risiko yang mungkin didapat dari kemoterapi pada dokter yang merawat teman anda. Untuk angiosarcona stadium IV, beberapa literatur dan ahli berpendapat bahwa angiosarcoma pada stadium ini adalah incurable (sudah sangat sulit / tidak dapat disembuhkan). Biaya kemoterapi memang relatif mahal.

Semoga membantu. Terima kasih.

Say Thanks
on 25 Sep 2012
jogja

Oh begitu ya dokter satu-satunya pengobatan kemoterapi dan kemungkinan sembuh tidak ada ya dokter.. Terimakasih sekali informasiny dokter..

Say Thanks
on 25 Sep 2012
in partnership with