MEETDOCTOR

Profile
Kehamilan Ektopik

Kapan Memakai Alat test pack kehamilan yang tepat?

Kapan Memakai Alat test pack kehamilan yang tepat?
Seseorang

Dok, saya pengen menanyakan, kapan sebaiknya menngunakan alat test pack kehamilan yang tepat yah dok? Coz saya dan istri sedang menunda kehamilan, akan tetapi sepertinya istri saya sudah mengalami gejala tanda tanda kehamilan, Lalu apakah penundaan kehamilan bisa dilakukan apabila sperma sudah dimasukan kedalam yah dok? mohon penjelasannya

Answers

9 answers

  • Selamat sore,

    Kapan hari pertama haid terakhir istri anda?

    Anda dapat menggunakan alat test pack kehamilan saat 2 hari sebelum datang bulan dan setelah 12 hari melakukan hubungan intim di masa subur. Alat test pack ini sebenarnya mendeteksi hormon hCG ( Human Chorionic Gonadotropin ), hormon ini dihasilkan oleh plasenta ( ari-ari ) yang terbentuk setelah pembuahan.

    Jika sperma sudah dimasukkan kedalam,kemungkinan besar istri anda bisa hamil. Tetapi hal ini harus tetap dipastikan dengan pemeriksaan dengan test pack. Jika istri anda sudah menunjukkan tanda-tanda hamil, anda dapat melakukan pemeriksaan USG ke dokter.

  • Tanggal 22 maret 2012 istri saya haid dok dan hanya 4 hari sudah selesai, dan kalo ga salah saya melalukan hubungan intim pada saat tidak dimasa subur istri saya dok, yakni seminggu setelah haid.
    setelah 12 hari mlakukan hubungan intim dimasa subur artina apa yah dok? klo saya mlakukan hubungan intim pada saat tidak masa subur bagaimana dok perhitungannya yah?

  • Masa subur adalah masa dimana terdapat telur yang matang dan sudah siap dibuahi, yaitu sekitar 2 minggu sebelum haid yang akan datang. Dan masa subur ini berlangsung selama 1-2 hari. Jika anda melakukan hubungan intim pada masa subur ini, kemungkinan besar isti anda dapat hamil. Jadi misalnya anda melakukan hubungan intim pada tanggal 29 Maret 2012, istri anda dapat melakukan test pack 12 hari setelah tanggal 29 Maret 2012.

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

    Kapan sebaiknya test kehamilan bisa dilakukan, sebenarnya bisa dilihat dari siklus haid istri bapak, kalo dari siklus biasanya sdh terlambat, maka tes kehamilan sdh akan bisa mendeteksi apakah ibu hamil atau tidak. Karena tes kehamilan menurut spesifikasinya sdh bisa mendeteksi hormon kehamilan BHcG pada titer 25ug. Itu setara kurang lebih dengan 5 hari pasca Konsepsi. Jadi kalo bapak atau ibu merasa haidnya sdh terlambat bisa langsung dilakukan tes kehamilan. Apabila bapak tidak mau ragu2 bisa dilakukan tes kehamilan BHcG Kuantitatif, jadi memakai sampel darah ibu, langsung akan diketahui ibu hamil atau tidak. Pemeriksaan dilakukan di Laboratorium klinik. Terimakasih

  • dr Kartika Hapsari SpOG dr Kartika Hapsari SpOG Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

    Halo,
    Apa kabar?terimakasi atas pertanyaannya.
    Sebenarnya saya agak bingung dengan pertanyaannya , tetapi saya akan mencoba menjawab ya. Pertanyaan tentang test pack kapan sebaiknya dlakukan, sebaiknya kita menggunakan test pack pada saat kita mengalami terlambat haid sekitar 1-2 minggu dari haid yang seharusnya biasanya kalau memang hamil akan terbaca di alat tes kehamilan karena titer atau kadar hormon HCG sudah terdeteksi.

    Sedangkan untuk mencegah kehamilan apabila sudah melakukan hubungan dapat dilakukan kontrasepsi darurat , yaitu meminum sejenis pil tertentu atau pil KB dengan cara tertentu tetapi tidak lebih dari 48 jam setelah hubungan terakhir. Anda bisa menghubungi dokter kandungan terdekat untuk mendapatkan resep obatnya.

    Trims,

    Kartika

  • Terimakasih Dok atas jawabannya, saya akan coba katakan pada istri saya untuk mengetest nya.

    Akan tetapi dok, apabila ternyata dinyatakan positif sedangkan kami mengharapkan tidak mempunyai anak terlebih dahulu, apakah dapat dilakukan langkah langkah yang benar agar tidak mempunyai anak dahulu dok?
    Karena, kami telat melakukan kontrasepsi darurat .

  • dok bagaimana jika memang siklus haidnya yang tidak teratur, bagaimana mengetahui keterlambatan haidnya dok dan mengetahui masa subur,

  • Halo dok . Saya ingin tanya . Apakah testpack akurat 20hari setelah berhubungan seks itu akurat . Tapi istri saya telat haid dok . Apakah itu saat yg tepat buat melakukan testpack ?

  • Halo dok . Saya ingin tanya . Apakah testpack akurat 20hari setelah berhubungan seks itu akurat . Tapi istri saya telat haid dok . Apakah itu saat yg tepat buat melakukan testpack ?

Anda punya pertanyaan seputar Kehamilan Ektopik ?
Ask Doctor

Popular Article

Kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh, bisa meningkatkan serangan jantung dan stroke. Berikut cara menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Cara Menurunkan Kolesterol Jahat LDL Kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh, bisa meningkatkan serangan jantung dan stroke. Berikut cara menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Cara Menurunkan Kolesterol Jahat LDL