Profile
Hamil

Kapan menstruasi terjadi setelah mengalami keguguran ?

Kapan menstruasi terjadi setelah mengalami keguguran ?
Jakarta

Selamat sore dok.. saya vivi, saya pernah mengalami keguguran tanggal 20 November 2012 bulan lalu dok.. janin saya br berumur 5 minggu, setelah mengalami pendarahan.. tetapi saya tidak di anjurkan oleh dokter yg menangani saya untuk di kuret melainkan hanya minum obat semacam peluruh setelah keguguran.. dokter yg menangani saya menganjurkan saya untuk kembali checkup setelah 1 minggu, setelah saya checkup kembali untuk memeriksa rahim saya dan saya melakukan USG, dokter saya bilang kalau rahim saya benar2 sudah bersih dan masih mempunyai indung telur yg banyak, dokter juga bilang kepada saya kalau boleh melakukan proses memiliki baby lg.. obat peluruh itu memang sedikit nyeri setelah saya minum obat tersebut, nyerinya melebihi menstruasi hari pertama tapi nyerinya itu hanya berlangsung kurang lebih 3 hari dan setelah itu hanya tinggal flek coklat dan langsung bersih sebelum 7 hari.. lalu setelah bersih saya dan suami melakukan ml lagi karena kami ingin cepat mempunyai baby :) tetapi mengapa sampai dengan saat ini saya tak kunjung menstruasi rutin setiap bulannya dengan tgl yg teratur sebelum keguguran dan tepat,sudah 1 bulan setelah mengalami keguguran saya belum mendapatkan menstruasi lg, tetapi gejala2 seperti orang hamil pertama dulu gejalanya seperti saya yg sekarang.. mudah lelah, badan tdk enak (seperti masuk angin), ingin yg asem & pedas (bahkan org terdekat saya makanan itu sangat pedas, tp bagi saya itu tak berasa sm sekali), mual, pusing, ingin muntah, bahkan payudara saya sakit, pinggiran payudara saya bengkak dan puting agak keluar bahkan berwarna gelap.. orang2 terdekat saya bilang kalo saya hamil lagi, tapi apakah saya bisa dikatakan hamil lagi dok? saya belum mencoba untuk testpack lagi atau bahkan checkup k dokter saya itu.. tapi saya rajin dan rutin minum vitamin2 yg tinggi asam folat, susu, buah2an bahkan sayur2an yg bergizi.. saya mohon dok minta pendapat dari dokter :) terimakasih dokter :)

Answers

4 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Untuk menentukan kapan haid lagi setelah keguguran memang tidak dapat ditentukan. Maksimal dapat ditunggu kira-kira 5-6 minggu setelahnya. Ini karena semua tergantung kondisi hormon di tubuh Anda.

  • begitu ya dokter alan.. tapi dihitung2 saya sudah 5 minggu lebih 3 hari, tp tak kunjung menstruasi..
    tidak ada salahnya kan dok kalau saya akhir bulan ini melakukan testpack??
    lalu dok, trkadang perut saya agak nyeri tapi itu tidak berlangsung lama hanya sebentar saja..
    dan juga dokter alan, apakah bisa langsung hamil jika pernah mengalami keguguran tanpa kuret? dokter yg menangani saya bilang seperti itu..
    dok maaf maksutnya tergantung hormon saya itu apa ya? saya memang mempunyai hormon tinggi dok, saya pernah melakukan check..
    tx a lot dok :)

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Sebaiknya ibu test pack kehamilan sekarang, bila + berarti ibu hamil, dan bisa mulai minum Duphaston 1x1 dan asam folatnya. Bila negatif berarti ibu ada gangguan haid

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat pagi,

    jika anda tak kunjung haid anda dapat melakukan test pack karena keakuratan tes kehamilan terutama dengan test pack bisa mencapai 99% jika dilakukan kira2 7-12 hari setelah berhubungan intim pada masa subur. Dan hasil ini dipengaruhi oleh kadar HCG dalam urin.

    Untuk lebih memastikan, anda bisa melakukan pengecekkan kadar hcg dalam darah pada dokter kandungan atau laboratorium, namun tanda pasti kehamilan hanya dapat dipastikan jika sudah terlihat kantung kehamilan dan janin.

    Kehamilan terjadi apabila sel telur (ovum) yang telah matang dibuahi oleh sel sperma dan hal tersebut hanya mungkin terjadi melalui penetrasi seksual. Mungkin saja yang anda alami merupakan suatu tanda premenstrual syndrome/PMS. Pada dasarnya, baik pada menstruasi ataupun kehamilan sama-sama terjadi peningkatan hormon terutama estrogen dan progesteron. Jadi tidak heran jika kedua kondisi tersebut memiliki tanda yang hampir serupa.

    Tanda pasti yang membedakan kedua kondisi tersebut adalah hasil yang positif (+) pada test pack saat terjadi kehamilan serta terdapat gambaran janin pada pemeriksaan USG.

    jika anda sudah mengalami keguguran maka anda harus benar-benar mempersiapkan rahim supaya siap untuk kehamilan selanjutnya. Hal ini tida ada hubungannya dengan Rahim setelah dikuret, namun lebih kepada persiapan rahim itu sendiri untuk kehamilan selanjutnya. Kehamilan selanjutnya harus dengan dasar sel yang sehat dan rahim yang siap menjadi tempat pembuahan. Dengan kesiapan semua faktor, kemungkinan keguguran pada kehamilan berikutnya akan kecil. Bukankah Anda tidak ingin terjadi hal ini lagi.

    Jarak waktu 90 hingga 120 hari adalah saat yang ideal untuk kembali memulai kehamilan paska keguguran”, tambah dr. Reino Rambey, SpoG. Kehamilan harus dipersiapkan dengan matang untuk menghindari beberapa komplikasi yang mungkin saja terjadi dan menyebabkan keguguran lagi, dan waktu 90 sampai 120 hari dinilai cukup untuk berganti dengan sel yang baru.

    terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor, semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Salah satu masalah ibu menyusui adalah puting terasa sakit dan lecet. Biasanya disebabkan, karena ibu belum mahir. Berikut tujuh cara menghindari puting lecet dan sakit saat menyusui. Merawat Payudara Saat Menyusui Gatal pada organ intim wanita atau vagina adalah masalah yang banyak dialami oleh wanita. Kondisi tersebut tentunya sangat Anda merasa tidak nyaman Cara Alami Hilangkan Gatal Pada Vagina