Kapan menstruasi terjadi setelah mengalami keguguran ?
on 28 Dec 2012

Selamat sore dok..
saya vivi, saya pernah mengalami keguguran tanggal 20 November 2012 bulan lalu dok.. janin saya br berumur 5 minggu, setelah mengalami pendarahan.. tetapi saya tidak di anjurkan oleh dokter yg menangani saya untuk di kuret melainkan hanya minum obat semacam peluruh setelah keguguran.. dokter yg menangani saya menganjurkan saya untuk kembali checkup setelah 1 minggu, setelah saya checkup kembali untuk memeriksa rahim saya dan saya melakukan USG, dokter saya bilang kalau rahim saya benar2 sudah bersih dan masih mempunyai indung telur yg banyak, dokter juga bilang kepada saya kalau boleh melakukan proses memiliki baby lg..
obat peluruh itu memang sedikit nyeri setelah saya minum obat tersebut, nyerinya melebihi menstruasi hari pertama tapi nyerinya itu hanya berlangsung kurang lebih 3 hari dan setelah itu hanya tinggal flek coklat dan langsung bersih sebelum 7 hari.. lalu setelah bersih saya dan suami melakukan ml lagi karena kami ingin cepat mempunyai baby :)
tetapi mengapa sampai dengan saat ini saya tak kunjung menstruasi rutin setiap bulannya dengan tgl yg teratur sebelum keguguran dan tepat,sudah 1 bulan setelah mengalami keguguran saya belum mendapatkan menstruasi lg, tetapi gejala2 seperti orang hamil pertama dulu gejalanya seperti saya yg sekarang.. mudah lelah, badan tdk enak (seperti masuk angin), ingin yg asem & pedas (bahkan org terdekat saya makanan itu sangat pedas, tp bagi saya itu tak berasa sm sekali), mual, pusing, ingin muntah, bahkan payudara saya sakit, pinggiran payudara saya bengkak dan puting agak keluar bahkan berwarna gelap..
orang2 terdekat saya bilang kalo saya hamil lagi, tapi apakah saya bisa dikatakan hamil lagi dok? saya belum mencoba untuk testpack lagi atau bahkan checkup k dokter saya itu..
tapi saya rajin dan rutin minum vitamin2 yg tinggi asam folat, susu, buah2an bahkan sayur2an yg bergizi..
saya mohon dok minta pendapat dari dokter :)
terimakasih dokter :)

Seseorang
Jakarta

3 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Untuk menentukan kapan haid lagi setelah keguguran memang tidak dapat ditentukan. Maksimal dapat ditunggu kira-kira 5-6 minggu setelahnya. Ini karena semua tergantung kondisi hormon di tubuh Anda.

Say Thanks
on 28 Dec 2012
Jakarta

begitu ya dokter alan.. tapi dihitung2 saya sudah 5 minggu lebih 3 hari, tp tak kunjung menstruasi..
tidak ada salahnya kan dok kalau saya akhir bulan ini melakukan testpack??
lalu dok, trkadang perut saya agak nyeri tapi itu tidak berlangsung lama hanya sebentar saja..
dan juga dokter alan, apakah bisa langsung hamil jika pernah mengalami keguguran tanpa kuret? dokter yg menangani saya bilang seperti itu..
dok maaf maksutnya tergantung hormon saya itu apa ya? saya memang mempunyai hormon tinggi dok, saya pernah melakukan check..
tx a lot dok :)

Say Thanks
on 28 Dec 2012
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Surabaya

Sebaiknya ibu test pack kehamilan sekarang, bila + berarti ibu hamil, dan bisa mulai minum Duphaston 1x1 dan asam folatnya. Bila negatif berarti ibu ada gangguan haid

Say Thanks
on 28 Dec 2012
in partnership with