Kapan waktu yang tepat untuk check up karena sakit haid?
48 weeks 3 days ago

Halo doctor,

Umur saya 22 tahun, dan tiap kali menstruasi saya selalu merasakan sakit kram di perut. terkadang hal ini sangat mengganggu, hingga saya terpaksa ijin tidak masuk kantor selama 2 hari. Hal ini terkadang menyulitkan tim saya di pekerjaan sehingga saya selalu berusaha agar tidak sakit ketika menstruasi. Saya sudah coba minum kunyit asam, obat mensana, dan kiranti namun tidak terlalu terasa efeknya, sakit baru hilang jika saya istirahat full dan tidur. Pertanyaan saya apakah memang terjadi gangguan pada rahim? Jika saya check up ke dokter perihal hal ini, kapankah waktu yang tepat untuk melakukannya? apakah ketika haid atau setelah haid selesai? Terima kasih.

Annisa Desiani
Bandung, Indonesia

1 Answers

Dear,

Dismenore adalah nyeri perut yang berasal dari kram rahim dan terjadi selama menstruasi. Disebut dismenore primer jika tidak ditemukan penyebab yang mendasarinya dan dismenore sekunder jika penyebabnya adalah kelainan kandungan.

Dismenore sekunder lebih jarang ditemukan dan terjadi pada 25% wanita yang mengalami dismenore. Penyebab dari dismenore sekunder adalah: endometriosis, fibroid, adenomiosis, peradangan tuba falopii, perlengketan abnormal antara organ di dalam perut, dan pemakaian IUD.

Terima kasih

Say Thanks
48 weeks 3 days ago
in partnership with