kasus patah tulang dengan pemasangan pen
on 25 Jul 2012

apakah pen harus dilepas? pada kasus patah tulang..misalnya tidak dilepas untuk seumur hidup apakah ada efek sampingnya? makasih

Seseorang
jakarta

4 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Tentu harus dilepas. Pemasangan ditujukan untuk fiksasi atau fondasi agar tulang yang patah dapat tumbuh sesuai bentuknya. Sesudah itu, harus dilepas.

1 Thanks
on 25 Jul 2012


Pemasangan pen dimaksudkan untuk mempertahankan kedudukan tulang dalam posisi yang benar (anatomis) sampai proses penulangan terjadi . Tujuan pemasangan pen agar penderita lebih cepat melakukan aktifitas sehabis operasi dengan bantuan atau tanpa bantuan alat bantu
Banyak jenis pen yang dipakai di bidang Orthopedi, tergantung dari jenis tulang dan jenis patahan tulangnya, oleh sebab itu pada kasus yang berbeda sudah pasti jenis pen yang dipasang berbeda. Di pasaran yang ada saat ini pen terbuat dari stainless steel atau titanium, sudah terbukti bahwa titanium lebih bagus dari stainless steel , karena reaksi penolakan tubuh hampir tidak ada dibanding stainless , lebih ringan dan lebih kuat, daya adhesi terhadap kuman lebih rendah dibanding stainless.
Pada pen yang terbuat dari stainless, dianjurkan bila tulang sudah menyambung pen di lepas saja untuk mencegah infeksi atau penolakan tubuh. Keuntungan pelepasan pen adalah : membuat daya elastis tulang yang terpasang pen kembali seperti semula, tulang lbh kuat,mencegah terjadinya reaksi penolakan tubuh terhadap pen.
Namun sebaiknya pen dilepas setelah tulang menyambung (rata-rata setelah 1 tahun),apalagi pada anak2 harus dilepas segera karena dapat mengganggu pertumbuhan tulang. Khusus pada orang lanjut usia bila tidak ada keluhan tidak perlu, tapi lebih baik di lepas bila ada keluhan.

Semoga membantu.
To:
Subject: MeetDoctor Question on Patah tulang

1 Thanks
on 25 Jul 2012
jakarta

makasih dokter atas penjelasaan nya

Say Thanks
on 25 Jul 2012
jakarta

makasih dokter atas penjelasan nya

Say Thanks
on 25 Jul 2012
in partnership with