Profile
Health A-Z

KB Spiral bisa gagal?

KB Spiral bisa gagal?
Indonesia

Dok saya sudah 1 tahun lebih pake kb spiral novate. Bulan desember kemarin saya belum haid. Padahal biasanya akhir bulan saya sudah haid. Sampe sekarang juga blm ada tanda2 haid. Kira2 itu wajar apa gimana dok? Tolong ya jawabannya dok. Karna saya dan suami sepakat blm mau punya anak lagi. Terimakasih sebelumnya.

Answers

4 answers

  • dr. Tri Ari Wibowo dr. Tri Ari Wibowo Dokter Umum

    Salam Sehat,

    pemasangan IUD memang akan mengganggu siklus menstruasi namun tidak sampai membuat absennnya suatu siklus menstruasi. Silakan diulang bu, test packnya untuk saat ini. Apabila masih negatif, maka kondisi yang ibu alami adalah gangguan menstruasi.

    Banyak faktor yang bisa menyebabkan gangguan haid semacam itu. Salah satu faktor yang sering terjadi adalah adanya gangguan / ketidak seimbangan hormon.

    Pada kondisi seperti ini biasanya diobati dengan obat-obatan hormonal guna melancarkan siklus haidnya. Idealnya, harus diperiksa terlebih dahulu kadar hormon FSH, LH, Prolactin, TSH dan Estradiol di laboratorium. Untuk itu saya anjurkan agar anda memeriksakan ke dokter kebidanan dan kandungan guna memperoleh pengobatan dan pemeriksaan hormon sebelum diobati, agar pengobatan yang diberikan tepat dan benar.

    Pastikan pula berat badan anda ideal dan cukup waktu istirahat serta rutin berolah-raga. Ketiga faktor ini sangat menunjang kelancaran dan keteraturan siklus menstruasi.

    Terima kasih.

  • Biasanya obat apa yg memperlancar siklus haid dok? Kebetulan saya masih menyusui anak pertama, apa obat itu tidak berbahaya utk busui? Tolong jawabannya ya dok:)

  • Halo Aulia

    Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan anda perihal obat untuk memperlancar siklus haid karena pemberian obat tersebut dapat menganggu produksi ASI.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore,

    Pada keadaan tertentu, pemakaian IUD jangka panjang memang bisa mempengaruhi volume haid dan jumlah haid yang dikeluarkan.

    Bila anda ingin siklus haidnya menjadi lebih teratur, anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti metode KB nya dengan Pil KB atau KB suntik 1 bulan saja.

    setiap kontrasepsi memiliki kekurangan dan kelebihan. berikut kelebihan dan kekurangan kontrasepsi IUD.

    kelebihan

    -Tingkat efektifitas mencapai 0,6 – 0,8 kehamilan per 100 wanita yang menggunakannya. Atau dengan kata lain 1 kegagalan pada 125 – 170 pengguna,
    -Langsung Efektif begitu terpasang di rahim,
    -Anda hanya perlu melakukan pengecekan satu tahun sekali ke dokter yang memasang IUD.
    -Tidak menimbulkan efek samping hormonal seperti pada alat kontrasepsi hormonal yang lain,
    -Dianjurkan untuk ibu menyusui karena tidak akan mempengaruhi volume dan kualitas ASI,
    -Apabila tidak terjadi infeksi bisa dipasang setelah melahirkan,
    -Dapat digunakan setelah 1 tahun atau lebih masa haid terakhir (masa menopause)
    -Membantu mencegah kehamilan di luar kandungan.
    -Dapat dipasang kapan saja, tidak perlu pada saat masa haid saja asal anda tidak sedang hamil atau diperkirakan hamil.
    -Kekurangan Intrauterine Device (IUD)


    Selain keuntungan tersebut diatas, Alat Kontrasepsi IUD memberikan kerugian atau efek samping dari, yang diantaranya adalah:
    -Memerlukan prosedur medis, termasuk pemeriksaan pelvik sebelum dipasang Alat Kontrasepsi Intrauterine Device IUD, dan pemasangan harus oleh petugas terlatih (bidan atau dokter),
    -Bagian organ reproduksi wanita mungkin akan terasa sakit dan kejang selama 3 - 5 hari setelah pemasangan IUD,
    -Terjadi perubahan siklus haid pada 3 bulan pertama, setelah pemasangan,
    -Terjadi pendarahan diantara masa menstruasi, hal ini dikarenakan Alat IUD mengenai dinding rahim dan menimbulkan luka,
    Darah Haid biasanya akan lebih lama dan lebih banyak. Dan apabila pendarahan haid sangat banyak dapat menyebabkan anemia
    -Terjadi Keluhan pada suami saat berhubungan badan, karena pemasangan benang IUD terlalu panjang. Hal ini bisa diatasi dengan memotong benang lebih pendek atau melipatnya ke dalam rahim yang dilakukan oleh bidan atau dokter spesialis kandungan,
    -Apabila pemasangan IUD tidak benar, menyebabkan perforasi pada dinding uterus,
    -Tidak dapat mencegah infeksi penyakit menular seksual, sehingga tidak disarankan untuk perempuan yang sering berganti pasangan. Infeksi ini akan memicu terjadinya penyakit radang panggul.
    -1 dari 1000 wanita, mengalami terlepasnya IUD.
    -IUD hanya mencegah kehamilan normal dan tidak dapat mencegah kehamilan ektopik atau kehamilan di luar kandungan.
    Wanita yang menggunakan IUD sebagai KB harus memeriksa posisi benang dari waktu ke waktu. Pemeriksaan dilakukan dengan memasukkan jari ke dalam vagina.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda

Anda punya pertanyaan seputar Health A-Z ?
Ask Doctor
Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan masalah kesehatan. Ini yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Vitamin D Jamur bisa menyerang siapa saja, tidak pandang usia dan jenis kelamin. Jamur adalah kelompok organisme yang membuat spora. Jamur bisa hidup di mana saja, dan jadi penyebab berbagai penyakit kulit... Kuku Sehat Bebas Jamur