kelebihan dan kekurangan KB suntik
35 weeks 2 days ago

Pagi dok,

saya ibu 28 tahun dan sudah mempunyai bayi umur 3 bulan dan sampai saat ini masih memberikan ASI eksklusif, tetapi semenjak saya ikut KB suntik 3 bulan tanggal 14 Agustus kemarin anak saya sering rewel dan produksi ASI ( encer/tidak kental )yang saya hasilkan tdk seperti biasanya sebelum saya ikut KB suntik, padahal sebelumnya saya sudah konsultasikan kepada dokter dan dokter menganjurkan untuk KB suntik dan pola makan yang saya jalani juga seperti biasanya sayur dan buah-buahan selalu konsumsi.
saya ingin menanyakan dok???
1. apakah saya harus mengganti KB agar produksi ASI yang saya hasilkan seperti dahulu.
2. kelebihan dan kelemahan apa yang didapat untuk KB suntik 3 bulan.
3. nutrisi/makanan apa saja yang sebaiknya dimakan untuk menghasilkan ASI bagus selama sisa KB suntik yang saya jalani
4. KB apa yang bagus dan tidak menghambat/mempengaruhi ASI

Demikian atas jawaban-jawabannya dok.


salam

niken prastywi
cilegon-banten

1 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

1dan 4. Paling baik jika anda menggunakan KB jenis Pil untuk ibu menyusui seperti contohnya : Pil Andalan Laktasi, Exluton 28,dll.

2. Kelebihannya adalah sederhana dan cukup dilakukan 3 bulan sekali. Kelemahannya KB suntik 3 bulan relatif memiliki kejadian efek samping KB yang lebih bila dibandingkan dengan jenis KB hormonal seperti suntik 1 bulan atau KP pil hormonal.

3. Banyaklah makan sayur mayur berdaun lebar dan berwarna hijau. Buah-buahan , serta susu sapi kira-kira 2 gelas per hari. Bila diperlukan tersedia juga suplemen bagi ibu menyusui. Yang paling penting adalah anda harus terus berusaha memberikan atau memopa ASI tiap 2 jam sekali selama anda sedang bangun (tidak tidur). Hal ini akan menjaga jumlah dan kualitas ASI anda.

Terima kasih

Say Thanks
35 weeks 2 days ago
in partnership with