Profile
Emphysema

Kelenjar Paru Paru

Kelenjar Paru Paru
Jakarta

Selamat sore dok, dok saya mau sharing nih dulu saya pernah ikut test kesehatan sebelum kerja nah saya didiagnosa mengidap penyakit kelenjar paru paru yang katanya ada flek di paru - paru. saya mau tanya penyebab penyakit tersebut itu apa? dan apa ada makanan yg bisa menetralisir flek di paru-paru itu? terimaksih dok.

Answers

3 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Hai, selamat malam, Asti.

    Bila yang dimaksud flek di paru-paru berarti Anda mengidap TB (tuberculosis). Penyebab adalah kuman, penularan lewat udara.

    Tes apa saja yang Anda jalani? Apakah sudah diperiksa dahak?

    Tidak ada makanan untuk menetralisir flek itu karena pengobatan adalah dengan obat rutin minimal selama 6 bulan. Pengobatan untuk penyakit ini gratis karenanya coba Anda periksakan kembali ke Puskesmas.

  • Waktu itu saya di tes urin dan darah saja dok kalau untuk dahak belum. Saya belum periksa lebih lanjut lagi ada kemungkinan flek itu menyebar atau tidak Dok ? Akibat terburuknya pengidap penyakit ini apa? Terus saya pernah dengar kalau pengidap penyakit ini akan berpengaruh juga pada anaknya nanti. Betul atau tidak dok?

  • Selamat pagi,

    Tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi Mycobacterium tuberculosis complex. Pasien dapat dikatakan suspek TB jika terdapat gejala atau tanda TB yang meliputi batuk produktif lebih dari 2 minggu dan disertai dengan gejala pernapasan (sesak napas, nyeri dada, hemoptisis) dan/atau gejala tambahan meliputi tidak nafsu makan, penurunan berat badan, keringat malam, dan mudah lelah).

    TB atau tuberkulosis adalah salah satu penyakit infeksi paru-paru yang sangat mudah menular dan membutuhkan pengobatan jangka panjang yang konsisten.

    Mycobacterium tuberculosis, bakteri penyebab infeksi TBC ini, umumnya akan terkandung dalam droplet maupun dahak penderita aktif TBC yang tidak diobati dengan tepat. Kuman selanjutnya akan menyebar melalui udara, dan akhirnya menyebabkan penularan kepada orang sekitar.

    Jika dibiarkan, infeksi TBC, atau tuberkulosis, lama kelamaan akan berkembang dan memengaruhi organ lainnya seperti ginjal, tulang belakang dan otak. Padahal, setelah pengobatan yang sesuai selama beberapa bulan, penderita TBC aktif umumnya akan mengalami perbaikan dan tidak lagi bersifat menular, bahkan dalam waktu 6 bulan infeksi TBC akan pulih. Oleh sebab itu, pastikan agar setiap penderita TBC mendapatkan pengobatan yang sesuai.

    Sebagai tambahan informasi, silahkan buka link berikut :
    http://meetdoctor.com/topic/tuberkolosis
    http://meetdoctor.com/article/gejala-tbc
    http://meetdoctor.com/article/melawan-tuberkulosis-dimulai-dari-diagnosis-akurat

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.
    Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Emphysema ?
Ask Doctor

Popular Article

Ini Sebabnya Orang Kembar Lebih Panjang Umur Ini Sebabnya Orang Kembar Lebih Panjang Umur Diet Tepat Sesuai Bentuk Tubuh Diet Tepat Sesuai Bentuk Tubuh