keluar darah seperti haid saat masa subur
on 22 Nov 2012

saya wanita berusia 25 thn saya br 9 bulan menikah, pada bulan pertama pernikahan saya hamil tb memasuki minggu ke 8 saya keguguran dan di kuret.
setelah kuret saya tidak mendapat haid selama 2 bulan.setaelah bulan ke 3 pasca kuret haid saya normal kemabali. tp bulan ini saya haid tanggal 9 nov 2012 selesai tanggal 16 saya berhubungan saat masa subur pada tanggal 20 malam tanggal 21 sore ada flak merah segar seperti haid. paginya darah semakin banyak. yang ingin saya tanyakan
1. kenapa bisa terjadi pendarahan pada masa subur?
2. apa penyebabnya??
3. kenapa bisa terjadi??
4. ganggunag apa yang saya alami
trims

Seseorang
Cirebon

1 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Selamat pagi ,

Jawaban untuk no 1,2 ,3 ,4 :

Banyak faktor yang bisa menyebabkan gangguan haid semacam itu. Salah satu faktor yang sering terjadi adalah adanya gangguan / ketidak seimbangan hormon. Faktor lain yang juga mempengaruhi adalah kemungkinan adanya gangguan pada struktur organ kandungan

Pada kondisi seperti ini biasanya diobati dengan obat-obatan hormonal guna melancarkan siklus haidnya. Idealnya, harus diperiksa terlebih dahulu kadar hormon FSH, LH, Prolactin, dan Estradiol di laboratorium. Selain itu, pemeriksaan USG kandungan juga diperlukan. Untuk itu saya anjurkan agar anda memeriksakan ke dokter kebidanan dan kandungan guna memperoleh pengobatan dan pemeriksaan USG serta hormonal.

Pastikan pula berat badan anda ideal dan cukup waktu istirahat serta rutin berolah raga. Ketiga faktor ini sangat menunjang kelancaran dan keteraturan siklus menstruasi.

Terima kasih.

Say Thanks
on 22 Nov 2012
in partnership with