Profile
Kesehatan Wanita

kenapa darah haid sedikit dan berwarna coklat kehitaman?

kenapa darah haid sedikit dan berwarna coklat kehitaman?
Jakarta

Dok..saya keguguran bln 4 juni tanpa kuret, haid pertama pasca keguguran tgl 22 juli darah yg keluar banyak sekali, bulan agustus ini keluar flek coklat+lendir dari tgl 8 agustus sampe hari ini 26 agustus, jd terhitung sdh 2 minggu, bbrp hari terakhir ini yg keluar berwarna kehitaman dan hanya sedikit2.... Kira2 msh wajar ga ya dok? apakah ada hubungannya dengan keguguran 2 bulan yll? terimakasih sebelumnya

Answers

4 answers

  • Perlu dilakukan pemeriksaan USG terlebih dahulu untuk mengetahui apakah di rahim masih ada sisa jaringan. Jika bersih kemungkinan darah yang keluar tidak ada hubungannya dengan keguguran.

  • Terimakasih dokter atas jawabannya
    Seminggu setelah keguguran, sy sdh di usg dan kata dokter sdh bersih rahimnya..
    Sebulan sesudah keguguran jg sempat haid, kluar darah deras sekali..
    Tapi haid kedua pasca keguguran kok malah sedikit2 dan berwarna coklat kehitaman.. Saya masih bingung..mohon pencerahannya kembali..

  • User

    gimana kalo ntuk yg belum menikah dok?
    kasus mens sedikit dan coklat kehitaman ini normal atau tidak?
    dan berbahaya gak?

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore, erika

    Keguguran adalah kondisi kematian fetus atau janin, sebelum mencapai usia 20 minggu kehamilan.

    menyebabkan keguguran, yaitu :
    Infeksi virus
    Infeksi TORCH (Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes)
    Infeksi mulut rahim atau rahim,
    Infeksi secara umum, misalnya typus
    Kelainan rahim, misalnya miom
    Penyakit yang di derita oleh ibu hamil, misalnya diabetes
    Autoimun pada tubuh ibu hamil, karena darahnya mudah membeku

    Umumnya, keguguran ditandai dengan rasa mulas dan perdarahan yang terjadi secara bersamaan. Jika perdarahan tidak disertai rasa mulas, kondisi tersebut belum tentu dikatakan dengan keguguran. Adapun faktor lain yang bisa memicu keguguran, misalnya:

    Usia ibu hamil
    Sebaiknya Anda mengandung sebelum usia 30 tahun, atau maksimal sebelum usia 35 tahun, karena setelah melewati usia tersebut kandungan Anda akan semakin rawan mengalami keguguran, terutama setelah usia 40 tahun.

    Gaya hidup tidak sehat
    Misalnya merokok, konsumsi alkohol maupun penggunaan obat-obatan terlarang.

    Pekerjaan berisiko
    Misalnya pekerjaan yang berhubungan dengan bahan kimia, bisa meningkatkan potensi keguguran. Bukan berarti wanita dilarang bekerja saat hamil, justru dr. Handi Suryana, SpOG menyarankan ibu hamil untuk bekerja karena terbukti baik untuk kesehatannya.

    Keguguran dapat dicegah dengan rutin memeriksakan kondisi kesehatan Anda bahkan sejak sebelum kehamilan dan sebisa mungkin menghindari kontak dengan orang sakit, terutama bagi ibu hamil yang berusia muda, agar tidak tertular infeksi penyakit.

    Untuk mengatasi keguguran, sebaiknya yang anda lakukan adalah ke dokter kandungan biasanya akan mengosongkan rahim untuk membersihkan pendarahan melakui kuretase yang bisa dilakukan dengan cara vakum atau penyedotan maupun dengan cara pengerukan untuk ibu hamil yang berusia lebih tinggi.

    Keguguran akibat infeksi yang belum diobati secara tuntas, kemungkinan bisa berpengaruh pada kehamilan berikutnya hingga menyebabkan terjadi keguguran berulang.

    keluarnya darah kecoklatan bisa karena Tanda awal menstruasi, Sisa darah paska keguguran, Infeksi rahim, Infeksi menular seksual, Iritasi vagina. Keluar lendir coklat belum tentu menandakan adanya sesuatu yang berbahaya.Anda perlu melakukan pemeriksaan untuk mengetahui jenis penyebab keluhan Anda. pemeriksaan seperti USG, tes spekulum, papsmear dll untuk mendapatkan informasi akurat mengenai kesehatan organ intim Anda.

    selamat sore, seseorang

    Flek berwarna coklat yang Anda maksudkan merupakan flek-flek yang muncul yang bisa jadi merupakan sisa dari darah menstruasi. Warna flek-flek berkisar dari merah, coklat, hingga kehitaman. Flek-flek berwarna kecoklatan yang keluar lewat vagina dapat saja masih normal karena sisa dari menstruasi.

    Untuk menghilangkannya hanya perlu menunggu waktu, karena bila benar flek-flek tersebut merupakan sisa darah menstruasi, maka flek tersebut akan hilang dengan sendirinya. flek coklat yang muncul sebelum haid merupakan hal yang normal dan tidak berbahaya.

    Meski tidak berbahaya, mungkin ini beberapa tips mengurangi keluarnya flek coklat.
    -Menjaga berat badan.
    -Menghindari stres.
    -Mengganti alat kontrasepsi atau konsumsi pil KB sesuai anjuran.
    -Rutin melakukan pemeriksaan pap smear.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Hidrasi Kunci Pulihkan Flu Dengan Cepat Hidrasi Kunci Pulihkan Flu Dengan Cepat Kista payudara diawali benjolan. Berbahayakah? Kista Payudara, Penyebab dan Gejalanya