Profile
Teeth & Mouth Health

kenapa gigi terakhir sakit?

kenapa gigi terakhir sakit?
Cianjur

pagi dok, umur sy 19th. sekarang sedang ada gigi baru tumbuh di bagian kanan bawah, paling belakang, dekar geraham. setau sy itu gigi yg terakhir tumbuh. posisinya melenceng, tdk sejajar dgn gigi lainnya. membuat sy jd merasa ada yg nyangkut di bagian gigi kanan dalam sy. terkadang terasa sakit sampai pusing ke kepala bagian kanan. apa yg harus sy lakukan? biar tdk terasa nyeri dan tdk mengganggu. terimakasih

Answers

3 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Selamat siang,

    Kondisi yang anda alami dikenal sebagai impaksi gigi geraham. Dalam kondisi ini gigi geraham paling belakang tidak mendapat tempat yang cukup untuk tumbuh..

    Saya sarankan untuk diperiksakan ke dokter gigi. Melalui pemeriksaan tersebut akan dapat ditentukan apa yang harus dilakukan pada gigi tersebut. Beberapa kasus impaksi dapat dibiarkan saja tanpa memerlukan tindakan khusus. Pada sebagian kondisi impaksi gigi geraham mungkin diperlukan tindakan operasi kecil / pencabutan gigi.

    Semoga membantu. Terima kasih.

  • saya sudah ke dokter gigi, dokter tsb tdk menyarankan sy supaya di cabut gigi, hanya menyuruh sy utk menggunakan sikat gigi anak anak utk menggosok gigi. dan dia memberikan sy obat. sekarang yg sy rasakan bukan pusing spt kmarin, tp pegal pada rahang bawah. harus gimana ya dok? rasanya sangat tdk nyaman

  • Selamat pagi Yusida Septiani Arief

    Gigi bungsu sering disebut sebagai gigi geraham ketiga. Jika gigi itu tumbuh normal dan tanpa gangguan, maka tidak perlu dilakukan operasi gigi bungsu. Pada kondisi ini, gigi bungsu dapat dibersihkan dan tidak mengganggu kebersihan gigi lainnya.

    Permasalahan yang kerap terjadi yaitu gigi bungsu tidak mendapat ruang yang cukup untuk tumbuh. Hal ini yang kemudian dapat memicu masalah, karena gigi tersebut tidak dapat tumbuh normal. Posisi gigi bungsu yang tidak normal antara lain tumbuh miring ke depan atau belakang, posisi tiduran, atau hanya keluar setengah.

    Beberapa efek yang menandakan harus segera dilakukan operasi gigi yaitu jika gigi bungsu memicu rasa sakit, infeksi, atau nyeri gusi serta merusak gigi atau tulang di sekitarnya. Selain itu, gigi bungsu yang harus segera ditindak yaitu jika menyebabkan sisa makanan terperangkap serta sulit dibersihkan dan terbentuknya kista (kantong berisi cairan) di sekitarnya.

    Meski demikian, operasi gigi bungsu juga harus ditunda jika terjadi gigi bengkak, infeksi, demam, rasa sakit yang tak tertahankan. Umumnya dokter gigi akan terlebih dahulu memberikan obat antibiotik untuk mencegah kondisi lebih parah atau menyebar.

    Dokter juga akan memberikan obat pereda nyeri untuk meringankan rasa sakit dan obat kumur antibakteri. Hal ini sebelum tindakan lanjutan terhadap gigi bungsu dapat dilakukan.

    Bila keluhan anda belum juga berkurang, sebaiknya anda berkonsultasi kembali ke dokter gigi anda.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Teeth & Mouth Health ?
Ask Doctor
Penyakit Ini Bisa Membuat Daya Pikir Anda Menurun Penyakit Ini Bisa Membuat Daya Pikir Anda Menurun Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes dan Darah Tinggi Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes dan Darah Tinggi