x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
Kenapa menstruasi saya sangat lama setelah keguguran
on 20 Sep 2012

Selamat pagi dok,

Saya mengalami keguguran di usia 4 weeks. Setelah diberi obat oleh spog, darah yang keluar sangat banyak. 2 minggu setelah saya keguguran sy cek ke spog lagi dan katanya rahim sudah bersih dari sisa2 janin dan kehamilan. Dokter waktu itu mengatakan bahwa darah yang masih keluar mungkin adalah darah menstrusi. Kemudian saya diberi obat lagi untuk meperlancar haid. Namun sampai sekarang (1 minggu lebih darii jarak terakhir ke dokter), darah yang keluar masih sangat banyak. Dok, apakah normal ketika di minggu ketiga keguguran bahkan dokter sudah menyatakan rahim saya sudh bersih tapi darah masih sangat banyak keluar? Maaf dok, bisa tolong diberi penjelasan tentang hal ini? Terimakasih

Seseorang
BALI

4 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Selamat pagi,

Normalnya, perdarahan setelah tindakan kuretase terjadi hanya beberapa hari. Darah akibat haid pun normalnya hanya terjadi dalam waktu seminggu. Dalam hal ini sepertinya memang terdapat sumber perdarahan lain atau gangguan perdarahan yang perlu dicari penyebabnya.

Sebaiknya diperiksakan kembali ke dokter SPOG anda, perdarahan yang berlanjut dapat menyebabkan anemia / kurang darah. Terkadang pemeriksaan USG harus disertai dengan pemeriksaan dalam guna memastikan rahim sadah benar-benar bersih.

Semoga membantu. Terima kasih.

1 Thanks
on 20 Sep 2012
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Surabaya

Semestinya tidak normal apabila sampai 3 minggu post abortus msh perdarahan banyak. Sebaiknya cek BHcG Kuantitatif utk memastikan apakah msh ada sisa2 sel kehamilan. Apabila positif tinggi, ibu kontrol ke dokter kandungan. Sebaiknya dicek dg usg vaginal utk kasus ini

1 Thanks
on 20 Sep 2012

Selamat siang dok,

Terimakasih atas quick respond untuk pertanyaan saya dok. Dok, saya ada pertanyaan lagi, seminggu lalu saya diberikan obat Ewoma dan Pospargin oleh SpOG saya. Kata beliau untuk memperlancar darah haid. Seminggu setelah itu (saat ini) haid saya masih banyak dan semakin banyak ketika meminum obat tsb. Ketika saya tanya beliau, beliau menjawab obat itu untuk memeras uterus untuk mengeluarkan darah shg rahimnya bersih. Penjelasan dari beliau kalau darahnya masih banyak berarti rahimnya belum bersih. Yang membuat saya bingung seminggu lalu saya kontrol beliau mengatakan rahim saya sudah bersih dan tidak ada sisa-sisa lagi. Tetapi setelah saya diberi obat ini, setiap saya minum obat tsb darah yang keluar sangat banyak,. Pernah saya lupa minum obat selama 2 hari darah ttp keluar tetepi tidak sebanyak ketika saya minum obat. Dok, perlukah saya melanjutkan minum obat tsb dan perlukan saya mencari second opinion dari SpOG lain di kota saya untuk lebih memastikan kondisi saya yang sebenarnya?
Terimakasih banyak dok

Say Thanks
on 20 Sep 2012
Dokter
Jakarta, Indonesia

Sebaiknya memang dikontrolkan kembali. Obat yang diberikan memang berfungsi untuk menimbulkan kontraksi rahim guna menghentikan perdarahan, namun apabila perdarahan makin banyak atau ibu tidak nyaman saat mengkonsumsi pospargin (metil-ergometrin), boleh sementara ibu hentikan.

Ibu boleh kembali kontrol kembali ke dokter kandungan ibu, atau juga dapat mencari second opinion dari dokter lain. Hal ini sah-sah saja. Keputusan ada di tangan ibu.

1 Thanks
on 20 Sep 2012
in partnership with