kenapa saat haid terasa sakit di perut?
on 28 Dec 2012

dok, saya seorang gadis berumur 20 th, sejak 1 th yang lalu kalau datang haid di hari ke pertama saya suka sakit perut bawah, pusing hampir mau pingsan karena menahan sakit haid tersebut, kira2 saya sakit apa ya dok? bagaimana cara mengatasinya? trims

Seseorang
Indonesia

11 Answers

Dalam istilah medis, nyeri haid disebut dismenore. Nyeri itu ada yang ringan dan samar-samar, tetapi ada pula yang berat, bahkan beberapa wanita sampai pingsan karena tidak kuat menahannya.
Penyebab nyeri haid bisa bermacam-macam, bisa karena suatu proses penyakit (misalnya radang panggul), endometriosis, tumor atau kelainan letak uterus, selaput dara atau vagina tidak berlubang, dan stres atau kecemasan yang berlebihan. Akan tetapi, penyebab yang tersering nyeri haid diduga karena terjadinya ketidakseimbangan hormonal dan tidak ada hubungan dengan organ reproduksi.

Nyeri haid dapat dibagi dua jenis, yaitu:
1. Nyeri haid primer
Nyeri haid yang timbul sejak haid hari pertama dan akan pulih sendiri dengan berjalannya waktu, dengan lebih stabilnya hormon tubuh atau perubahan posisi rahim setelah menikah atau melahirkan.
Nyeri haid primer ini adalah sesuatu hal yang normal, namun dapat berlebihan apabila dipengaruhi oleh faktor fisik dan psikis seperti stress, shock, penyempitan pembuluh darah, penyakit yang menahun, kurang darah, kondisi tubuh yang menurun, atau pengaruh hormon prostaglandine. Gejala ini tidak membahayakan kesehatan.
2. Nyeri haid sekunder
Nyeri haid ini biasanya baru muncul kemudian, yaitu jika ada penyakit yang datang kemudian. Penyebabnya adalah kelainan atau penyakit seperti infeksi rahim, kista atau polip, tumor sekitar kandungan, atau bisa karena kelainan kedudukan rahim yang menetap.
Ada juga yang disebut dengan endometriosis, yaitu kelainan letak lapisan dinding rahim yang menyebar keluar rahim, sehingga apabila menjelang menstruasi, pada saat lapisan dinding rahim menebal, akan dirasakan sakit yang luar biasa. Selain itu, endometriosis ini juga bisa mengganggu kesuburan.

Yang menjadi pertimbangan seorang wanita perlu berkonsultasi ke dokter terkait dengan nyeri haid yang dialaminya:
1.Timbul rasa nyeri hebat, apalagi kalau rasa nyeri tersebut semakin lama semakin hebat.
2.Jika darah menstruasi yang keluar sangat berlebihan, dan dalam jangka waktu yang lama.
3.Muncul noktah darah (spotting) antara dua daur menstruasi atau warna darah tidak seperti biasanya, misalnya lebih kecoklatan atau malah merah segar.
Semoga bermanfaat.

2 Thanks
on 28 Dec 2012
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Surabaya

Itu yg disebut PreMenstrual Syndrome. Sebaiknya diminumin obat Asam Mefenamat/Mefinal 500 mg 3x1 setelah makan bila tdk ada riwayat alergi obat tsb.

4 Thanks
on 28 Dec 2012
Dokter
Jakarta, Indonesia

Memang umum dialami. Anda dapat minum obat Gitas Plus untuk mengurangi nyeri.

1 Thanks
on 28 Dec 2012

Dok....gmna kalau rasa sakitnya baru muncul setelah operasi pengangkatan ovarium kanan padahal sebelumnya rasa sakitnya tidak terlalu berlebihan.

Say Thanks
on 18 Jul 2013

Maaf dok, tapi ada dokter yang bilang kalau kita minum obat penghilang rasa sakit saat haid itu tidak baik, krna bisa membuat rahim kering, bahkan ada tetangga saya yg terkena kanker rahim karna suka mengkomsumsi obat menghilang nyeri/ rasa sakit saat haid..

Jadi bagaimana baiknya dok??

1 Thanks
on 15 Aug 2013
Lhokseumawe

ada beberapa alternatif agar haid tdk sakit. silahkan baca di blog saya.
http://terapijaritangan.blogspot.com/2013/08/sembuh-dengan-terapi.html

Say Thanks
on 17 Sep 2013
Palembang

Dokter sakit haid apakah tanda tanda ada kanker serviks, apakah kokus gram positif berbahaya dan juga beresiko terkena kanker?

Say Thanks
on 25 Sep 2013
Bogor, Indonesia

sering terjadi pembengkakan dalam rahim dan mengeras

Say Thanks
on 17 Oct 2013

kalo saya juga suka dulu sk begitu saya minum obat spasminal.
dok berbahaya y dok
nanti bisa ramim kering gak y dok?trim

Say Thanks
38 weeks 2 days ago

dok saya mengalami keputihan sudah hampir 2 tahun, bagaimana cara mengatasi atau menguranginya...

Say Thanks
36 weeks 6 days ago
Jakarta

dok, saya mau tanya kalau orang punya kista,
apakah bisa hamil apa kistanya di angkat dulu baru bisa hamilkah?

Say Thanks
24 weeks 7 days ago
in partnership with