kenapa sakit pinggang sebelah kanan?
on 12 Mar 2013

slmat siang dok,saya berusia 20th ,saaya sering merasa sakit di pinggang sebelah kanan,dan itu saya sering saya rasakan dari dulu,hanya saja kadang rasa sakitnya hilang,kadang sakit itu muncul lagi,,hingga saat ini saya masih mengalami rasa sakit di pinggang,,memang tidak begitu berasa,hanya kadang sangat tidak nyaman,dan sangat menggangu saya,,apakah sakit pinggang seeblah kanan saya bisa di katakan penyakit yg serius ?,karna ,yg saya tau jika sakit pinggang karna bekerja /mmenggangkat barang yg berat itu wajarr ,kebnayakan org mengalami itu,tapi saya sendiri tidak memiliki banyak aktivitas yg berat ,aktivitas saya hanya santai di rumah,karna saya tidak bisa terlalu capek,gampang capek,mudah lelah,letih lesu,lemah,tidak ada nafsu makan,dan sering mual klo makan, krna itu saya tidak melakukan banyak aktivitas,dan saya baru 20 th tapi kenapa saya bisa sakit pinggang di usia saya yg masih 20 th,serta berat badan saya hnya 36 kg,sya kurus karna sya tidak nafsu makan ,dan tidak memmlakukan bnyak aktivitas ?...sejauh ini saya blom konsultasi ke dokter lebih lnjut tentang keluhan saya hingga pemeriksaan darah dll.saya hnya pernah konsultasikan pd dokter umum ,namun dokter hnya mengatakan itu hanya sakit magh..tidak ada masukan untuk di periksa lebih lnjut ,karna itu saya mohon saran n jawaaban dok,,trims.

monica
pontianak

2 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Dear Monica,

Penyakit maag memang bisa memberikan nyeri yang menjalar hingga ke pinggang atau punggung. Mengingat berat badan anda yang hanya 36 kg, maka ada kemungkinan bahwa penyakit maag anda cukup serius hingga menggangu pola makan.

Untuk kondisi maag ini , saya sarankan agar diperiksakan ke dokter spesialis penyakit dalam (gastroenterolog). Penyakit maag yang kronis dan sudah lama terkadang membutuhkan tindakan gastroskopi (teropong lambung) untuk menentukan kondisi maag-nya secara pasti dan sehingga dapat diberikan terapi yang tepat.

Bila setelah diperiksa, ditemukan bahwa kondisi maag-nya ringan, maka bisa jadi nyeri punggung dan pinggang itu berasal dari penyebab lain seperti dari gangguan pada otot dan sendi. Gangguan otot, sendi , dan tulang tidak harus selalu terjadi pada orang yang memiliki kebiasaan mengangkat berat saja, namun bisa juga terjadi pada orang dengan sikap tubuh (postur) yang kurang baik. (Contohnya kebiasaan mempunyai postur yang cenderung membungkuk).

Terima kasih.

Say Thanks
on 12 Mar 2013
makassar

dok, akhir" ini sya sring mrasa skit d pinggang ....skitnya akan tersa ringan jika sya duduk, kra" sy mngalami skit apa dok ?

Say Thanks
32 weeks 5 days ago
in partnership with