Profile
Low Back Pain

kenapa sakit pinggang sebelah kanan?

kenapa sakit pinggang sebelah kanan?
Pontianak

slmat siang dok,saya berusia 20th ,saaya sering merasa sakit di pinggang sebelah kanan,dan itu saya sering saya rasakan dari dulu,hanya saja kadang rasa sakitnya hilang,kadang sakit itu muncul lagi,,hingga saat ini saya masih mengalami rasa sakit di pinggang,,memang tidak begitu berasa,hanya kadang sangat tidak nyaman,dan sangat menggangu saya,,apakah sakit pinggang seeblah kanan saya bisa di katakan penyakit yg serius ?,karna ,yg saya tau jika sakit pinggang karna bekerja /mmenggangkat barang yg berat itu wajarr ,kebnayakan org mengalami itu,tapi saya sendiri tidak memiliki banyak aktivitas yg berat ,aktivitas saya hanya santai di rumah,karna saya tidak bisa terlalu capek,gampang capek,mudah lelah,letih lesu,lemah,tidak ada nafsu makan,dan sering mual klo makan, krna itu saya tidak melakukan banyak aktivitas,dan saya baru 20 th tapi kenapa saya bisa sakit pinggang di usia saya yg masih 20 th,serta berat badan saya hnya 36 kg,sya kurus karna sya tidak nafsu makan ,dan tidak memmlakukan bnyak aktivitas ?...sejauh ini saya blom konsultasi ke dokter lebih lnjut tentang keluhan saya hingga pemeriksaan darah dll.saya hnya pernah konsultasikan pd dokter umum ,namun dokter hnya mengatakan itu hanya sakit magh..tidak ada masukan untuk di periksa lebih lnjut ,karna itu saya mohon saran n jawaaban dok,,trims.

Answers

3 answers

  • dr. Janfrional dr. Janfrional Dokter Umum

    Dear Monica,

    Penyakit maag memang bisa memberikan nyeri yang menjalar hingga ke pinggang atau punggung. Mengingat berat badan anda yang hanya 36 kg, maka ada kemungkinan bahwa penyakit maag anda cukup serius hingga menggangu pola makan.

    Untuk kondisi maag ini , saya sarankan agar diperiksakan ke dokter spesialis penyakit dalam (gastroenterolog). Penyakit maag yang kronis dan sudah lama terkadang membutuhkan tindakan gastroskopi (teropong lambung) untuk menentukan kondisi maag-nya secara pasti dan sehingga dapat diberikan terapi yang tepat.

    Bila setelah diperiksa, ditemukan bahwa kondisi maag-nya ringan, maka bisa jadi nyeri punggung dan pinggang itu berasal dari penyebab lain seperti dari gangguan pada otot dan sendi. Gangguan otot, sendi , dan tulang tidak harus selalu terjadi pada orang yang memiliki kebiasaan mengangkat berat saja, namun bisa juga terjadi pada orang dengan sikap tubuh (postur) yang kurang baik. (Contohnya kebiasaan mempunyai postur yang cenderung membungkuk).

    Terima kasih.

  • dok, akhir" ini sya sring mrasa skit d pinggang ....skitnya akan tersa ringan jika sya duduk, kra" sy mngalami skit apa dok ?

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat pagi, eka mulyana

    dari keluhan yang anda sebutkan bisa juga disebabkan oleh low back pain. beberapa gejala dari low back pain atau nyeri punggung bawah. tepatnya dibagian bawah tulang rusuk hingga atas kaki. Tulang punggung, adalah penghubung tubuh bagian atas dan bawah, tulang punggung juga berfungsi sebagai penopang sebagian besar berat tubuh keseluruhan, sehingga sangatlah wajar jika seseorang merasakan nyeri punggung ketika sedang mengangkat atau ingin mengambil sesuatu.

    Nyeri punggung bagian bawah dapat disebabkan oleh :

    Cedera.
    Kegiatan fisik yang berlebihan.
    Hernia.
    Artritis.
    Patah tulang.
    Iritasi pada saraf.

    Low back pain dapat diperiksa dengan meneliti riwayat kesehatan penderita, uji fisik dan wawancara mengenai gejala yang dirasakan. MRI, CT scan dan x-ray biasanya kurang membantu proses pemeriksaan.

    Perawatan low back pain :

    Istirahat yang cukup.
    Obat penghilang rasa sakit.
    Olahraga, misalnya berjalan kaki.
    Dapat pula melakukan terapi seperti pemijatan, akupuntur atau kiropraktik.

    Memperbaiki postur tubuh saat duduk, berdiri dan berjalan.
    Olahraga rutin. Misalnya berjalan atau berenang, karena jenis olahraga ini tidak banyak member tekanan pada tulang. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan peregangan.
    Hindari menggunakan sepatu hak tinggi.
    Tidur menyamping.
    Menjaga berat badan.
    Jangan mengangkat barang yang sekiranya terlalu berat.
    Gunakan kursi yang dapat menopang punggung dengan baik.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Low Back Pain ?
Ask Doctor

Popular Article

Cara mengencangkan payudara secara alami? Wanita pasti menginginkan payudaranya berbentuk bagus dan sempurna. Simak caranya di sini. Tips Mengencangkan Payudara Kendur Salah satu masalah ibu menyusui adalah puting terasa sakit dan lecet. Biasanya disebabkan, karena ibu belum mahir. Berikut tujuh cara menghindari puting lecet dan sakit saat menyusui. Merawat Payudara Saat Menyusui